inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Gang Gowes, Cara Asyik dan Unik Menikmati Keindahan Kota Solo
Minggu, 25 Feb 2024 09:54
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Gang Gowes, cara baru menikmati gang-gang di Kota Solo. (Radarsolo/IG Gang Gowes)

Gang Gowes, cara baru menikmati gang-gang di Kota Solo. (Radarsolo/IG Gang Gowes)

Kamu bisa lo bersepeda keliling Kota Solo menyusuri gang-gangnya yang estetik. Kalau tertarik, ikutan saja trip Gang Gowes di sana.

Inibaru.id – Solo atau Surakarta telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata lokal yang menarik. Banyak orang yang pengin berwisata di kota dengan banyak bangunan bersejarah yang telah eksis sejak zaman kerajaan tersebut. Nah, belakangan, ada pihak yang membuka layanan trip bersepeda keliling Kota Solo dengan cara yang beda dari biasanya. Namanya adalah Gang Gowes.

Jika kebanyakan orang yang mengadakan trip keliling kota bakal mengajak wisatawan jalan-jalan di pusat kota atau ke lokasi-lokasi wisata terkenal, Gang Gowes justru menyediakan trip menyusuri gang-gang yang dipenuhi dengan rumah-rumah warga.

Meski rumah-rumah di gang tersebut nggak istimewa dan terkesan biasa saja, justru di situ keunikannya. Banyak warga lokal maupun dari luar kota yang justru tertarik untuk menikmati kesederhanaan yang bisa mereka lihat selama bersepeda, Millens.

Fasichah Tia Nur, pendiri Gang Gowes menyebut trip ini sudah dia buka semenjak Agustus 2023. Bertema urban bike, nyatanya peminat trip ini sangatlah banyak, khususnya dari kalangan generasi muda. Saking banyaknya peminat, sampai masuk waiting list, lo.

Lebih dari itu, Gang Gowes juga menyediakan dokumentasi estetik berupa foto-foto estetik, video reels yang cantik, serta paket sarapan di sebuah kafe yang juga dimiliki oleh Fasichah. Lokasi kafe ini juga jadi titik kumpul orang yang pengin gowes dengan paket trip ini. Nggak lupa, ada juga oleh-oleh berupa kembang tahu instan yang bisa dibawa pulang. Lengkap banget, ya?

Gang Gowes menyediakan trip unik di gang-gang Kota Solo. (IG Gang Gowes)
Gang Gowes menyediakan trip unik di gang-gang Kota Solo. (IG Gang Gowes)

“Semua berawal dari keinginan untuk mendokumentasikan keiatan pribadi saya gowes di dalam gang-gang Kota Solo. Tapi ternyata banyak yang minat ikutan. Akhirnya saya seriusin jadi Gang Gowes. Ternyata memang peminatnya cukup banyak,” jelas Fasichah sebagaimana dilansir dari Radarsolo, Kamis (22/2/2024).

Awalnya, dia memakai sepeda-sepedanya sendiri untuk dipakai para goweser yang berminat. Tapi, kemudian ada jenama sepeda yang ikut menyediakan sepeda sebagai ajang promosi. Karena jumlah sepeda yang melimpah, perempuan yang lebih sering dipanggil Vava pun jadi lebih berani untuk membuka trip ke lebih banyak orang.

“Ke depannya bisa saja kami membuka rute lebih dari sekitar Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran. Soalnya, di Kota Solo banyak tempat lain yang nggak kalah menarik untuk di-eksplore,” lanjutnya.

Gimana, tertarik untuk ikut trip sepedaan dengan biaya mulai Rp300 ribu ini, Millens? Nggak perlu bingung cek aja langsung di akun Instagram resminya Gang Gowes, ya? Bakal asyik menikmati sepedaan asyik menyusuri gang-gang estetik di Kota Solo. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved