Dikira Seram, Ternyata Pulau Setan di Sumatera Barat Ini Penuh Keindahan

Dikira Seram, Ternyata Pulau Setan di Sumatera Barat Ini Penuh Keindahan
Pulau Setan di Sumatera Barat. (Instagram/Ryan Gustavo)

Namanya Pulau Setan membuatnya terkesan menyeramkan. Tapi, di Sumatera Barat, banyak warga yang justru mendatanginya untuk berwisata. Kok bisa?

Inibaru.id – Ternyata, ada lo tempat di Indonesia yang diberi nama Pulau Setan. Pulau ini ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Nah, karena namanya cukup menyeramkan, tentu kamu pasti berpikir nggak bakal ada orang yang berani mendekat. Siapa sangka banyak orang yang justru mendatanginya untuk berwisata!

Kok bisa-bisanya ya ada orang yang datang ke Pulau Setan? Usut punya usut, di balik namanya yang seram, Pulau Setan ternyata penuh dengan keindahan. Ada yang bahkan menyamakan pulau yang masuk dalam Kawasan Objek Wisata Mandeh Kecamatam Koto XI ini mirip dengan Raja Ampat.

Nah, soal namanya yang menyeramkan ini, ternyata juga gara-gara berasal dari kelakar. Yap, nama asli dari Pulau Setan ternyata adalah Pulau Sultan. Nama yang awalnya terlihat keren ini berubah gara-gara warga sekitar sering memelesetkannya jadi Pulau Setan. Wah, wah, kok jadi begitu, ya?

Kalau kamu berkunjung ke Pulau Setan, bakal bisa menikmati keindahan laut yang biru dan pasir putih yang memanjakan mata. Air laut di pinggiran pantainya juga cenderung dangkal sehingga aman untuk dijadikan tempat bermain anak-anak.

Pantai Pulau Setan sangat indah. (Instagram.com/soalpadang)
Pantai Pulau Setan sangat indah. (Instagram.com/soalpadang)

Yang menarik, di Pulau Setan sudah ada penghuni yang membuka warung-warung kecil, lo. Jadi, kalau kamu lelah bermain air dan ingin makan atau minum, tinggal membelinya di sana. Di warung-warung ini, kamu juga bisa kok menyewa tikar untuk menikmati suara deburan ombak atau angin semilir pantai yang menenangkan.

Menariknya, di sana sudah ada persewaan banana boat serta donut boat yang tentu bisa bikin liburanmu jadi semakin menyenangkan. Kalau kamu mau menyewanya, cukup menyiapkan duit sebanyak Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu. Nggak mahal, kok.

Nah, kalau kamu ingin mencapai pulau ini, nggak sulit. Dari Padang, kamu tinggal memakai kendaraan darat untuk menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Nah, lokasi pulau ini dekat dengan Carocok, Tarusan. Setelah itu, kamu bisa menyewa perahu untuk mendatangi Pulau Setan dan pulau-pulau indah lain di sekitarnya. Biaya persewaan perahu ini biasanya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.

Jadi, kapan nih kita main-main ke Pulau Setan yang namanya seram tapi penuh keindahan ini? (Ind/IB09/E05)