Di Cirebon Ada Museum Santet, Isinya Apa Saja?

Di Cirebon Ada Museum Santet, Isinya Apa Saja?
Museum santet di Cirebon. (Aboutcirebon)

Ternyata, di Indonesia ada lo Museum Santet, tepatnya di Kota Cirebon, Jawa Barat. Isinya tentu saja adalah berbagai hal soal ilmu santet yang masih ditakuti di Indonesia, Millens.

Inibaru.id – Saking kayanya budaya dan tradisi di Indonesia, kamu seperti bisa dengan mudah menemukan hal-hal unik di sini. Nah, salah satunya adalah ada Museum Santet yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat. Museum ini bahkan sudah diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, pada Senin (18/10/2021) lalu lo.

Santet sering dianalogikan sebagai praktik ilmu hitam atau terkait dengan perdukunan. Ada yang bahkan menganggap santet sebagai cara gaib untuk mencelakai orang lain. Namun, bagi yang sudah akrab dengan hal ini, santet nggak melulu terkait dengan hal negatif. Makanya museum ini pun dibangun di kawasan wisata Talaga Langit.

Yang menarik, orang yang merintis museum ini ternyata adaah seorang Ustaz, lo, yakni Ustaz Ujang Busthomi. Laki-laki yang akrab disapa dengan Kang Ujang ini menuturkan kalau museum ini sudah dibuka sejak Kamis (21/10) lalu.

Lantas, seperti apa sih isi dari Museum Santet Cirebon? Ternyata ya, kamu nggak bakal menemukan hal yang berbau klenik, gaib, santet, atau bahkan yang seram-seram banget gitu. Maklum, tujuan dari membuat museum ini adalah mengingatkan umat manusia agar hanya takut kepada Tuhan.

Begitu kamu masuk ke dalamnya, kamu bisa melihat boneka yang dibalut kain putih. Boneka-boneka ini digantung secara acak di dalam museum. Sejumlah boneka dibuat layaknya pocong dan ditempatkan di tangga. Tujuannya demi mengingatkan manusia tentang alam lain yang bakal dimasuki usai meninggal.

Barang-barang untuk santet dipajang di Museum Santet. (Superadventure.co.id)
Barang-barang untuk santet dipajang di Museum Santet. (Superadventure.co.id)

Semakin masuk ke dalam, suasana bakal terlihat semakin horor. Kamu bakal melihat boneka santet yang dipajang. Boneka-boneka ini menunjukkan kalau ada orang-orang yang melakukan praktik ilmu hitam. Namun, menurut Kang Ujang, boneka-boneka ini sebenarnya nggak perlu ditakuti, Millens.

Yang menarik, di dalam museum ini juga ada semacam papan informasi yang isinya adalah pesan-pesan dakwah. Nggak hanya tulisan shalawat, ada juga pesan bagi siapa saja untuk rajin beribadah dan menjadi orang baik.

Museum ini cenderung sempit. Ada ruangan dengan pintu yang rendah dan hanya bisa dimasuki dengan cara membungkuk. Ada juga ruangan dengan kelambu berwarna merah muda dan dinding bambu.

Kalau menurut Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, ide untuk mendirikan Museum Santet ini sangat bagus karena bisa meningkatkan daya tarik wisata di Talaga Langit. Diharapkan, semakin banyak wisatawan memasuki kawasan wisata ini dan akhirnya berimbas pada meningkatnya perekonomian warga, apalagi usai dihantam efek pandemi Covid-19 belakangan ini.

Hm, kalau kamu, tertarik nggak masuk ke Museum Santet yang ada di Cirebon, ini, Millens? Lumayan menyeramkan tapi kayaknya kok seru juga ya? (Bis/IB09/E05)