BerandaTradisinesia
Sabtu, 31 Des 2022 17:16

Beragam Jenis Masjid di Indonesia, Nggak Hanya Jami dan Agung

Beragam Jenis Masjid di Indonesia, Nggak Hanya Jami dan Agung

Masjid jami, salah satu jenis masjid di Indonesia. (Republika/duniamasjid.islamic-center)

Sadar nggak, kalau di Indonesia, ada tipe masjid jami, masjid agung, masjid raya, dan lain-lain. Ternyata, ada perbedaan dari jenis-jenis masjid tersebut. Apa saja, sih?

Inibaru.id – Pernah nggak kamu mengecek nama masjid yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Terkadang, masjid tersebut memiliki embel-embel ‘jami’, ‘agung’, dan lain-lain. Ternyata, embel-embel tersebut adalah pembeda dari jenis masjid yang lain, lo.

Nah, berikut adalah jenis-jenis masjid yang ada di Indonesia. Apa saja, ya?

1. Masjid Negara

Hanya ada satu jenis masjid negara yang ada di Indonesia, yaitu masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Sesuai dengan tipenya, masjid ini harus berkedudukan di ibu kota negara dan ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, banyak acara keagamaan resmi yang disambangi presiden atau wakil presiden dilakukan di masjid ini.

2. Masjid Nasional

Meski statusnya masjid nasional dan penetapannya dilakukan oleh pemerintah pusat, tepatnya Kementerian Agama, masjid dengan tipe ini diajukan oleh gubernur. Salah satu jenis masjid ini yang populer adalah Masjid Baiturrohman Aceh.

3. Masjid Raya

Menurut Kompas, (20/2/2022), ada perbedaan mendasar antara tipe masjid raya dan tipe masjid nasional meski sama-sama memiliki kedudukan di ibu kota provinsi.

Yang mengesahkan keberadaan masjid ini bukanlah Kementerian Agama, melainkan Kantor Wilayah Departemen Agama di wilayah masjid tersebut berada. Contoh masjid jenis ini adalah Masjid Gedhe Kauman di Yogyakarta.

4. Masjid Agung

Masjid Agung berkedudukan di ibu kota kabupaten/kota. (Kompasiana/Safira Brilianti)
Masjid Agung berkedudukan di ibu kota kabupaten/kota. (Kompasiana/Safira Brilianti)

Kalau yang ini, kedudukannya di pusat kabupaten atau kota di seluruh Tanah Air. Yang menetapkan adalah pemerintah kota/kabupaten setempat. Contohnya yaitu Masjid Agung Surakarta.

5. Masjid Besar

Tipe masjid ini bisa kamu temui di pusat kecamatan. Yang menetapkannya tentu saja adalah pemerintah kecamatan setempat.

6. Masjid Jami

Masjid jami bisa dikatakan sebagai masjid dengan jumlah paling banyak di Indonesia. Soalnya, jenis masjid ini berkedudukan di tingkat kelurahan. Pembangunan dan penetapannya juga ditentukan oleh pemerintah kelurahan setempat. Karena kedudukannya di desa, masjid jami sering dijadikan pusat acara keagamaan masyarakat setempat deh.

Menurut Wikipedia, penamaan masjid jami berasal dari fungsinya, yaitu dipakai untuk salat Jumat (jumu’ah). Oleh karena itulah, di Indonesia, masjid jami biasanya memiliki mimbar untuk tempat khutbah.

7. Masjid Bersejarah

Contoh masjid bersejarah yang ada di Indonesia adalah Masjid Agung Demak dan Masjid Menara Kudus. Masjid-masjid tersebut memang jadi saksi sejarah penyebaran agama Islam atau perjuangan bangsa pada masa merebut kemerdekaan.

Wah, ternyata ada banyak ya jenis masjid di Indonesia. Kalau yang paling dekat dengan tempat tinggalmu, masjid jenis apa nih, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved