inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Banyak Suku Jawa di Malaysia, Sejak Kapan Mereka Ada Di Sana?
Minggu, 18 Jun 2023 15:00
Penulis:
Bagikan:
Orang Jawa di Malaysia. (Bambangpriantono)

Orang Jawa di Malaysia. (Bambangpriantono)

Di Malaysia, ada lebih dari 640 ribu orang Suku Jawa. Sejak kapan ya orang-orang Jawa ini bermigrasi sejauh itu?

Inibaru.id – Selain ras melayu yang jadi mayoritas, di Malaysia juga ada cukup banyak orang Jawa, lo. Banyak dari mereka yang berasal dari keluarga yang sudah ratusan tahun yang lalu bermigrasi dari Jawa. Sebenarnya, apa sih yang membuat orang-orang Jawa ini sampai bermigrasi sejauh itu?

Menurut data sensus penduduk pada 2021 lalu, Suku Jawa yang ada di Malaysia mencapai lebih dari 640 ribu orang. Angka ini memang nggak seberapa jika dibandingkan dengan total jumlah penduduk Malaysia yang mencapai lebih dari 33 juta. Namun, tetap saja angka 640 ribu orang ini cukup banyak.

Ada banyak versi kapan orang Jawa mulai bermigrasi ke Malaysia. Yang pasti, sejumlah peneliti menyebut hal ini sudah dimulai sejak masa Dinasti Syailendra pada abad ke-6 dan ke-9. Kebanyakan orang Jawa yang pindah ke Malaysia berasal dari Jawa Tengah. Hal ini juga terjadi saat Kerajaan Singasari dan Majapahit berjaya pada abad ke-12 sampai ke-14.

Meski begitu, migrasi orang Jawa ke sana semakin gencar dilakukan semenjak masa penjajahan, khususnya pada saat Belanda menduduki Nusantara. Banyak orang Jawa yang pengin lepas dari kesengsaraan karena dijajah dan melihat British Malaya sebagai tempat yang lebih menjanjikan.

Selain itu, orang-orang Eropa yang memiliki perkebunan di Malaysia membutuhkan tenaga kerja murah namun terampil. Mereka pun mengambil tenaga kerja dari Jawa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Saking tingginya kebutuhan tenaga kerja dari Jawa, Inggris yang saat itu menguasai Semenanjung Malaya sampai mendirikan kantor perekrutan tenaga kerja di kota-kota di Jawa, lo.

Orang-orang Jawa di Malaysia. (Malaysiakini/Wikipedia)
Orang-orang Jawa di Malaysia. (Malaysiakini/Wikipedia)

Menurut keterangan Kompas, (5/8/2022), perpindahan tenaga kerja dari Jawa ke Malaysia ini terus berlanjut sampai abad ke-20. Salah satu wilayah yang ‘mengekspor’ tenaga kerjanya ke Malaysia adalah Klaten, Millens. Bahkan, ada catatan yang mengungkap bahwa cukup banyak penduduk dari kawasan Distrik Bayat, Klaten, yang dikirim ke Malaysia pada 1920.

Saat Perang Dunia II berkecamuk, banyak orang Jawa yang didatangkan ke British Malaya dan wilayah Malaysia di Kalimantan sebagai tenaga kerja paksa. Layaknya Nusantara pada masa itu, kedua wilayah tersebut juga dikuasai oleh Jepang.

Kini, suku Jawa di Malaysia banyak ditemui di negara bagian Sabah, Sarawak, Johor, Perak, dan Selangor. Kebanyakan dari mereka kini sudah berasimilasi dengan bahasa dan budaya Melayu. Meski terkadang masih ada yang mengucapkan Bahasa Jawa, sebagian besar dari mereka memiliki bahasa ibu Bahasa Melayu.

Nggak disangka ya, Millens, ternyata jumlah orang Suku Jawa di Malaysia bisa sebanyak itu. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved