BerandaPasar Kreatif
Senin, 26 Des 2022 11:09

SMK 2 Penda Karanganyar Siap Kirim Pakaian Batik ke Belanda

SMK 2 Penda Karanganyar Siap Kirim Pakaian Batik ke Belanda

Bekerja sama dengan Galiel Batika, SMK 2 Penda Karanganyar siap mengekspor batik ke Belanda. (Ditjen Vokasi)

Pakaian batik, selain disukai oleh masyarakat kita juga dilirik oleh masyarakat Belanda. Untuk memenuhi pasar di Belanda, SMK 2 Penda Karanganyar siap mengirim pakaian batik ke Negeri Dam tersebut.

Inibaru.id - Nggak bisa disangkal bahwa keunikan dan keindahan batik disukai oleh masyarakat luar negeri. Belanda adalah salah satu negara yang tertarik dengan kain Indonesia yang digambar dengan cara khusus itu.

Melihat hal itu, SMK 2 Penda Karanganyar Jawa bekerja sama dengan Galiel Batika siap mengekspor produk pakaian casual party bertemakan batik Nusantara ke Belanda. Itu artinya karya para siswi-siswa SMK 2 Penda Karanganyar siap go internasional ya!

Produk yang bakal mejeng di Belanda itu merupakan hasil karya siswa jurusan Tata Busana di SMK 2 Penda Karanganyar. Galiel Batika sendiri merupakan sebuah usaha batik milik desainer Indonesia Fahrana Amelia, di Belanda.

Selain telah menyepakati ekspor batik melalui perjanjian kerja sama kedua belah pihak, pihak sekolah juga mendatangkan guru tamu, yakni desainer Satrio Juli Wiyoto dari Owens Joe Indonesia, yang akan membimbing siswa dalam mendesain pakaian.

Perjuangan SMK 2 Penda Karanganyar untuk go internasional sudah dilakukan sejak tahun 2019. (Google Map)
Perjuangan SMK 2 Penda Karanganyar untuk go internasional sudah dilakukan sejak tahun 2019. (Google Map)

Kepala SMK 2 Penda Karanganyar Aris Sukarno menjelaskan, kain sutra dengan motif batik Kebumen menjadi bahan untuk membuat produk pakaian batik yang akan diekspor ke Belanda nantinya.

“Dengan perjuangan panjang yang sudah kami lewati dari 2019, kami berharap hasil karya siswa dapat go international dan dikenal dunia,” ujarnya dilansir dari laman Ditjen Vokasi, Sabtu, (24/12/2022).

Guru Tata Busana SMK 2 Penda Mia Linda Wulandari mengatakan, hasil produk para siswanya ini dimulai dari proses desain, membuat pola pakaian, lalu dikonsultasikan pada guru, hingga masuk proses menjahit.

“Para siswa kami dorong untuk bertumbuh kembang dengan cara mengelola potensi yang mereka miliki sehingga mereka memiliki peran dalam bidangnya,” ujarnya.

Wah, keren ya para siswa Jurusan Tata Busana SMK 2 Penda Karanganyar ini. Masih sekolah saja sudah bisa bikin pakaian yang dijual keluar negeri. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Keren! Karya Batik Siswa SMK 2 Penda Karanganyar Bakal Ekspor ke Belanda.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved