inibaru indonesia logo
Beranda
Pasar Kreatif
Semakin Banyak Pelaku UMKM Gunakan QRIS
Senin, 13 Feb 2023 19:00
Bagikan:
Jumlah UMKM yang menggunakan QRIS semakin bertambah setiap tahun. (Radarlombok)

Jumlah UMKM yang menggunakan QRIS semakin bertambah setiap tahun. (Radarlombok)

Pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) nggak hanya bisa kamu jumpai di mall dan restoran mewah saja, lo. Sekarang, semakin banyak pelaku UMKM yang bisa menerima pembayaran dengan metode yang satu ini.

Inibaru.id - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mengikuti perkembangan zaman, salah satunya memanfaatkan standardisasi pembayaran menggunakan metode quick response (QR) dari Bank Indonesia (BI). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) itu memudahkan dan menjamin keamanan transaksi jual beli.

Hal itu disampaikan anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun pada kunjungan kerja di Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan, Jawa Timur, (10-11/2/2023). Dalam kesempatan itu, Misbakhun juga menjadi pembicara pada sosialisasi QRIS yang diselenggarakan Komisi XI DPR dan BI.

“BI adalah mitra kami di Komisi XI DPR. QRIS ini merupakan program unggulan BI, termasuk untuk bapak dan ibu pelaku UMKM,” ujar Misbakhun di hadapan ratusan pedagang kecil yang menghadiri sosialisasi di Gedung Karya Indah, Kota Pasuruan dikutip dari Antara, Minggu (12/2/2023).

Dia menjelaskan merchant pengguna QRIS terus bertambah. Pada akhir 2020, merchant pengguna QRIS belum mencapai 6 juta. Namun, pada November 2021, ada 12 juta merchant pengguna QRIS. Setahun kemudian, data BI per November 2022 menunjukkan pengguna QRIS mencapai lebih dari 22 juta merchant.

“Dari jumlah itu, sekitar 90 persen adalah pelaku UMKM,” tutur Misbakhun dalam sosialisasi yang juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi tersebut.

UMKM Go Digital

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) itu memudahkan dan menjamin keamanan transaksi jual beli. (Gobiz)
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) itu memudahkan dan menjamin keamanan transaksi jual beli. (Gobiz)

Saat sosialisasi QRIS untuk para pelaku UMKM itu Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi mengatakan saat ini BI mendorong UMKM berkembang melalui digitalisasi (go digital) dan perluasan pasar (go international).

"Untuk ini, BI sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan e-commerce untuk mendorong UMKM bisa memasarkan produknya,” ucap Samsun.

BI juga memiliki program sertifikasi halal, QRIS, pendampingan perizinan, NIB, dan banyak pelatihan pengembangan UMKM," ujar Samsun Hadi.

Nah, produk UMKM memang harus dipasarkan lebih luas lagi dengan menggunakan cara-cara masa kini termasuk pembayaran dengan QRIS dan pemasaran secara digital ya, Millens. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Ini Manfaat UMKM Gunakan Transaksi Pembayaran QRIS.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved