Brand Ambassador Tepat, Penjualan Meningkat!

Brand Ambassador Tepat, Penjualan Meningkat!
Jangan asal memilih duta merek. (intimes.wordpress via Liputan6)

Brand ambasador atau duta merek bisa menjadi strategi pemasaran yang jitu untuk meningkatkan penjualan produk. Tapi, memilih mereka nggak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

Inibaru.id – Biasanya, suatu perusahaan bakal memilih orang terkenal sebagai seorang brand ambassador atau duta merek. Tapi, kamu tahu nggak kalau terkenal saja nggak cukup untuk menjadi duta merek? Faktor-faktor lain juga harus dipertimbangkan. Apa saja?

Pertimbangan Memilih Duta Merek

1. Kecocokan Demografis

Yang pertama harus kamu pertimbangkan dalam memilih duta merek adalah kesesuaian target demografis duta merek dengan bisnis milikmu. Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik terhadap merek yang kamu jual.

2. Kecocokan Merek

Saat memilih seorang brand ambasador atau duta merek, kesesuaian estetika konten penting banget. Pasalnya, dengan mempunyai estetika yang sama, kamu juga dapat memakai konten mereka untuk newsletter, kampanye sosial, atau upaya pemasaran lainnya. Karena itu, penting mencari calon duta merek yang sesuai dengan nuansa dan kepribadian bisnismu.

Contohnya, kamu mau menjual hijab, sudah seharusnya kamu mencari duta merek yang juga mengenakan hijab dalam kesehariannya.

3. Tertarik dengan Merek

Carilah duta merek yang memang tertarik dengan produkmu. (Pinterest via Kumparan)
Carilah duta merek yang memang tertarik dengan produkmu. (Pinterest via Kumparan)

Kamu pernah nggak merasa kalau duta merek A nggak benar-benar tertarik dengan produk yang dia promosikan? Nah, karena orang lain bisa jeli melihat hal itu, kamu sebaiknya mencari orang yang memang tertarik dengan produkmu.

Duta merek yang baik akan menunjukkan ketertarikan pada sebuah merek jauh di luar deskripsi pekerjaan. Istilahnya, promosi dengan hati. Paham kan, Millens?

4. Mampu Memberikan Pengaruh

Banyak influencer yang memiliki jangkauan yang sangat luas. Follower mereka boleh saja berjuta-juta, tapi apakah mereka dapat mencapai target yang tepat? Jangan sampai angka follower ternyata hanya fake ya.

5. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Yang namanya jualan ya harus dibarengi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Kolaborasi nggak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya komunikasi dua arah. Duta merek yang baik juga akan selalu bertanya atau memastikan instruksi darimu agar nggak ada kesalahan saat melakukan tugasnya.

Mereka juga akan berusaha untuk memahami target perusahaan dan nggak cuma berhenti pada pemahaman soal kampanye yang dia lakukan. Duta merek juga akan selalu memberikan informasi terkini tentang perkembangan kampanye yang dia lakukan. Selain itu, mereka juga harus selalu siap ketika dihubungi dan merespons dengan cepat.

6. Profesional

Pastikan duta merek yang kamu pilih profesional. (Marketingtochina via Glint)
Pastikan duta merek yang kamu pilih profesional. (Marketingtochina via Glint)

Selanjutnya, pastikan kamu memilih duta merek yang profesional dan memahami benar tugas mereka. Dengan begitu, kamu nggak perlu melakukan pengarahan yang berlebihan karena mereka tahu dan paham betul apa yang harus dia lakukan tanpa terkecuali.

7. Mampu Beradaptasi

Karena dunia media sosial dan pemasaran digital bergerak dengan sangat cepat, penting bagi duta merek untuk mempunyai kemampuan beradaptasi yang tinggi. Mereka harus mampu menerima perubahan, merespons data, dan beradaptasi untuk menghasilkan solusi terbaik.

Pilih seorang duta merek yang nggak takut mencoba platform baru, seperti Tik Tok, Instagram Stories, Twitter Fleet, Podcast, dan lain-lain. Dengan cara ini, kampanye produkmu dapat terus berkembang dan tumbuh dengan pesat.

8. Amanah

Pastikan duta merek yang kamu pilih dapat dipercaya dan nggak akan mengunggah konten yang berlawanan dengan nilai-nilai bisnismu. Mereka juga biasanya memiliki citra positif di masyarakat.

Sekarang, banyak bisnis memahami bahwa hubungan jangka panjang bisa memberikan hasil terbaik. Karena itu, memakai duta merek dapat menjadi langkah terbaik untuk meningkatkan brand awareness terhadap produkmu.

Jadi, sudah ada gambaran belum mau mendapuk siapa sebagai duta merek produkmu, Millens? (Bel/IB21/E07)