Bisa Kamu Buat Sendiri, 5 Jenis Bingkisan Parcel Ini Unik dan Menarik

Bisa Kamu Buat Sendiri, 5 Jenis Bingkisan Parcel Ini Unik dan Menarik
Ilustrasi: Bingkisan parcel yang bisa dibuat sendiri. (Inibaru.id/Audrian F)

Daripada bingung memilih parcel di pasaran yang belum tentu cocok, kamu bisa kok membuat sendiri bingkisan parcel untuk kamu berikan saat Lebaran. Apa saja ya jenis bingkisan parcel yang bisa kamu buat?

Inibaru.id – Menjelang Hari Raya Idulfitri, satu hal yang sering dicari banyak orang adalah bingkisan parcel. Bingkisan ini bisa dijadikan hadiah bagi sanak saudara, teman, atau bahkan rekan kerja. Masalahnya, harga bingkisan parcel di pasaran bisa saja mahal sehingga membuatmu berpikir dua kali untuk membelinya.

Kamu tahu nggak kalau sejarah parcel itu sudah ada sejak zaman perang kemerdekaan? Jadi, dulu parcel hanya dikirimkan ke ibu yang baru saja melahirkan, hadiah ulang tahun kepada seseorang, atau momen-momen bahagia lainnya. Karena saat itu kita sedang perang kemerdekaan, banyak perempuan Tanah Air yang mengirimkannya ke suami atau keluarganya yang pergi berjuang. Nah, kebiasaan ini berlanjut menjadi mengirimkan makanan atau hadiah lainnya di hari raya seperti Lebaran atau Natal.

Nah, alih-alih membelinya, kamu juga bisa kok membuat bingkisan parcel sendiri. Berikut adalah beberapa jenis ide bingkisan parcel yang unik dan menarik, namun mudah untuk dibuat. Yuk, simak!

1.       Parcel yang Berisi Makanan dan Minuman

Parcel makanan dan minuman. (kaosbapaksholeh.com)
Parcel makanan dan minuman. (kaosbapaksholeh.com)

Sebenarnya, jenis bingkisan parcel ini adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Jenis makanan dan minuman yang dimasukkan di dalam bingkisan ini juga beragam. Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan kue kering, sirup, cokelat, atau jajanan lain yang biasanya mudah ditemukan di meja-meja ruang tamu saat Lebaran.

Mengingat menjelang Lebaran pasti banyak diskon, kamu pasti bisa membelinya dengan harga yang lebih murah. Tapi, pastikan cermat untuk memilih barang yang tepat dan bervariasi, ya?

2.       Parcel yang Berisi Sembako

Bingkisan parcel sembako. (Youtube/Mita Flo)
Bingkisan parcel sembako. (Youtube/Mita Flo)

Parcel jenis ini adalah yang paling dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Maklum, ekonomi sedang sulit dan banyak orang yang bahkan mengalami masalah keuangan. Dengan mendapatkan bingkisan berupa sembako, pasti akan merasa tertolong, khususnya untuk menyongsong Hari Raya Idulfitri.

Sembako ini bisa berupa beras, gula, sarden, atau minyak. Jangan sembarangan menempatkan bahan makanan mentah seperti telur karena bisa saja rusak, ya?

3.       Parcel Buah

Parcel buah. (Prestisa)
Parcel buah. (Prestisa)

Biar parcel nggak terkesan isinya hanya jajanan atau sembako saja, coba deh kamu buat parcel buah. Banyak lo, orang yang suka kalau diberi hadiah buah. Contohnya, di Jepang, buah bahkan dianggap sebagai bingkisan yang istimewa!

4.       Parcel yang Isinya Hanya Kue Kering

Parcel kue kering. (Bisnisukm.com)
Parcel kue kering. (Bisnisukm.com)

Bingkisan parcel yang satu ini pasti bakal lebih berguna buat perayaan Lebaran, Millens. Apalagi kue-kue kering ini bukan yang dijual di pasaran, alias dibuat sendiri atau dipesan khusus dari orang-orang yang membuat kue untuk event-event tertentu. Rasanya pasti lebih nikmat, deh.

5.       Parcel yang Isinya Adalah Alat Tulis

Parcel alat tulis. (Carousell/Carla Dlux)
Parcel alat tulis. (Carousell/Carla Dlux)

Parcel dengan isi alat tulis memang sangat out of the box. Hanya, parcel ini juga bisa sangat berguna bagi anak-anak atau para pegawai. Karena isinya alat tulis, pasti juga bakal lebih ringkas dibandingkan dengan parcel-parcel pada umumnya.

Sudah terpikir, Millens, mau membuat bingkisan parcel jenis apa untuk Lebaran tahun ini? (Bac/IB09/E05)