inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Sensasi Kriuk Dalam Semangkuk Soto Klethuk Pak Galo
Rabu, 1 Mei 2024 11:34
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Soto Klethuk Pak Galo Blora. (Kompasiana/Wahyu Sapta)

Soto Klethuk Pak Galo Blora. (Kompasiana/Wahyu Sapta)

Soto Klethuk Pak Galo Blora menyediakan soto dengan tambahan klethuk renyah. Seperti apa ya kelezatan dari kuliner khas Blora yang satu ini?

Inibaru.id – Dari sekian banyak jenis soto yang bisa kamu temui di Indonesia, Soto Klethuk Khas Blora barangkali jadi yang paling unik. Soalnya, jika biasanya yang kamu rasakan saat makan soto adalah sensasi segar, jika kamu menyantap soto klethuk, ada sensasi renyahnya juga. Hal inilah yang menginspirasi nama “klethuk” yang dalam Bahasa Jawa bisa diartikan sebagai renyah, Millens.

Pencetus munculnya soto klethuk adalah Soto Klethuk Pak Galo yang sudah eksis sejak 1997. Lokasinya ada di Jalan Gunung Sindoro, Blora, nggak jauh dari Alun-Alun Blora.

“Dulu pas buka pada 1997, satu-satunya yang jualan soto klethuk ya tempat ini. Saya generasi kedua yang meneruskan usaha ini setelah bapak saya, Pak Galo tutup usia. Awalnya dibuka karena kepepet keadaan, ternyata Alhamdulillah malah masih bertahan hingga sekarang,” cerita pengurus warung tersebut Emy sebagaimana dinukul dari Detik, Jumat (22/12/2023).

Omong-omong, kok bisa sih soto di warung tersebut sampai ada sensasi klethuk alias renyah? Kalau soal itu, soto klethuk sebenarnya adalah soto kuah bening dengan isian khas soto pada umumnya, yaitu mi soun, daging ayam suwir, irisan telur, serta bawang merah. Rasa renyah berasal dari irisan singkong goreng kering yang dijadikan topping saat soto disajikan.

Klethuk-nya memang harus ditempatkan di mangkuk paling belakangan. Kalau ikut disiram ya nggak jadi klethuk lagi,” terang Emy sebagaimana dikutip dari Tribunnews, Sabtu (6/5/2023).

Warung Soto Klethuk Pak Galo Blora. (YouTube/Ksatria Jawa)
Warung Soto Klethuk Pak Galo Blora. (YouTube/Ksatria Jawa)

O ya, ide menambahkan klethuk ini berasal dari Pak Galo sendiri agar sotonya punya ciri khas jika dibandingkan dengan soto-soto pada umumnya. Nggak disangka, ternyata inovasi ini digemari warga Blora. Bahkan, berkat media sosial, soto ini dikenal para selebritas dan pejabat.

“Vokalis GIGI Armand Maulana pernah kesini, mantan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga. Kita juga pernah diundang Pak Jokowi saat acara peresmian Bendungan Randugunting Blora.

Selain rasa klethuk yang unik, ada hal lain yang bikin soto ini selalu dijejali pembeli, yakni harga per porsinya yang murah. Kamu hanya perlu menyiapkan Rp13 ribu sampai Rp15 ribu, lo. Ada juga lauk tambahan khas warung soto seperti satau telur puyuh, satai ati ampela, tempe goreng, dan kerupuk yang bikin sensasi makan soto klethuk jadi semakin mantap!

Soto Klethuk Pak Galo Blora buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 21.30 WIB. Kamu bisa menikmatinya untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Pastikan saja pandai-pandai memilih waktu untuk bertandang di sana di jam yang nggak terlalu ramai.

Jadi, sudah tahu kan harus ke mana kalau pengin wisata kuliner unik di Blora? Ke Soto Klethuk Pak Galo saja! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved