Renyahnya Dorokdok, Kuliner Khas Garut

Renyahnya Dorokdok, Kuliner Khas Garut
Dorokdok, camilan khas Garut yang renyah dan gurih. (Tipscamilan)

Dorokdok merupakkan salah satu kerupuk khas Garut yang terbuat dari kulit kerbau. Kerupuk yang satu ini bisa kamu nikmati kapan saja dan bisa juga dijadikan sebagai lauk. 

Inibaru.id - Indonesia memang surganya kerupuk. Sepertinya jenis kerupuk yang ada sudah nggak bisa lagi dihitung pakai jari. Kerupuk tayamum, kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk kerung, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong soal kerupuk, di Garut, Jawa Barat ada kerupuk Dorokdok. Dari namanya saja sudah terdengar unik ya, Millens?

Kuliner tradisional Garut ini renyah dan gurih seperti kerupuk pada umumnya. Pas banget deh buat teman makan nasi atau dimakan begitu saja.

Dinamakan dorokdok karena ketika kamu mengunyahnya menimbulkan bunyi “dorok dok…dorok dok”.

Asal Usul Dorokdok

Suka pedas? Kamu bisa pilih dorokdok pedas. (GNFI)
Suka pedas? Kamu bisa pilih dorokdok pedas. (GNFI)

Asal mula kerupuk ini memang nggak begitu jelas. Tapi, bahan pembuatnya dari kulit. Mirip kerupuk rambak gitu deh.

Kulit hewan yang biasanya digunakan dalam pembuatan kerupuk dorokdok adalah kulit kerbau. Namun, ada juga yang membuatnya dengan kulit sapi, Millens. Kebanyakan produsen dorokdok di Garut menggunakan kulit kerbau karena lebih mudah ditemukan.

Eits, nggak asal kulit kerbau yang dapat diolah menjadi dorokdok. Bahannya harus berasal dari kulit kerbau muda. Jadi, kulit kerbau muda lebih mudah diolah dan dikeringkan. Hasilnya lebih renyah dan enak.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan kerupuk dorokdok ternyata membutuhkan waktu berhari-hari, lo. Kulit kerbau dikeringkan terlebih dahulu, diolah, dan kembali dikeringkan.

Proses pengeringan pertama biasanya membutuhkan waktu selama tiga hari. Sedangkan proses yang kedua memakan waktu satu malam. 

Kamu bisa mengeringkan kulit kerbau dengan dua cara yaitu mengeringkan langsung di bawah sinar matahari atau menggunakan oven. Cara terbaik, tentu mengeringkannya langsung di bawah sinar matahari. Ketika cuaca nggak mendukung, pembuatan kerupuk makin molor.

Selain proses pembuatannya lama, bahan baku yang dibutuhkan juga langka, Millens. Nggak heran kalau harga dorokdok nggak semurah kerupuk berbahan tepung.

Nah, gimana Millens? Tertarik untuk mencicipi kerupuk yang satu ini? Jika kamu jalan-jalan ke Garut, jangan lupa ya beli kerupuk dorokdok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. (Goo,Kon/MG42/E05)