inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Merusak Rasa Khas, Jangan Sandingkan Teh dengan Makanan-Makanan Ini
Rabu, 9 Agu 2023 12:55
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Nggak semua makanan cocok dinikmati bersama teh. (via Tribun)

Nggak semua makanan cocok dinikmati bersama teh. (via Tribun)

Polifenol dan Tanin dalam teh memang bisa mengganggu penyerapan zat besi. Karena itu, ada saran untuk nggak menikmati teh usai makan besar. Selain itu, aroma dan kenikmatan teh nggak bisa maksimal jika dikonsumsi dengan makanan-makanan tertentu. Apa saja?

Inibaru.id - Pernah dengar jargon yang mengatakan apapun makanannya, minumnya tetap teh?

Minuman ini memang telah lama menjadi teman setia di meja makan. Namun, nggak semua makanan dapat berpadu harmonis dengan cita rasa yang khas dari segelas teh, lo.

Meskipun teh dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan, beberapa makanan dapat merusak pengalaman tersebut.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menikmati teh, agar kenikmatan kedua elemen tersebut tetap terjaga.

1. Makanan Berlemak Berat

Makanan berlemak berat seperti daging berlemak atau makanan gorengan cenderung menghasilkan sensasi lengket dan berat di mulut.

Ini dapat bertentangan dengan kesegaran dan kesucian rasa teh. Minyak dan lemak dalam makanan ini dapat membentuk lapisan di lidah yang menghalangi kemampuan kita merasakan nuansa halus dari teh.

2. Makanan yang Terlalu Pedas

Sama seperti ketika kita makan makanan pedas bersama minuman manis, makanan pedas juga dapat menghilangkan kepekaan rasa teh.

Paparan rasa pedas yang kuat dapat mengaburkan nuansa rasa teh yang halus dan membingungkan lidah kita.

3. Makanan yang Sangat Asin

Teh sebaiknya nggak dinikmati usai makan besar. (via Detik)
Teh sebaiknya nggak dinikmati usai makan besar. (via Detik)

Makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi dapat menghasilkan efek dehidrasi, yang bisa berbenturan dengan sifat hidrasi yang dimiliki oleh teh.

Kombinasi ini dapat membuat kita merasa haus lebih cepat dan mengurangi kenikmatan rasa teh yang seharusnya menyejukkan.

4. Makanan dengan Rasa yang Terlalu Kuat

Makanan dengan rasa yang sangat dominan, seperti bawang putih atau bumbu-bumbu tajam, dapat mengalihkan perhatian dari kompleksitas rasa teh. Teh memiliki berbagai profil rasa yang dapat terganggu oleh dominasi rasa dari makanan semacam itu.

5. Makanan Manis Berlebihan

Menggabungkan makanan atau camilan manis berlebihan dengan teh dapat mengakibatkan perasaan terlalu kenyang atau penuh.

Hal ini dapat merusak keseimbangan rasa dan mengurangi keseluruhan pengalaman minum teh.

Untuk mendapatkan pengalaman menikmati teh yang optimal, hindari kombinasi makanan di atas saat menyendiri bersama teh.

Sebagai gantinya, pilih camilan yang ringan dan netral, seperti biskuit tawar atau kue yang nggak terlalu manis. Dengan memilih makanan dengan bijak, kamu dapat memastikan bahwa teh dan makanan saling melengkapi, menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan.

Sebagai penikmat teh garis keras, kamu bakal tetap menyandingkan teh dengan makanan-makanan di atas, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved