BerandaKulinary
Sabtu, 24 Des 2022 08:46

Menikmati Segarnya Es Cobra Salatiga

Menikmati Segarnya Es Cobra Salatiga

Es Cobra Salatiga, salah satu tujuan wisata kuliner di Salatiga. (Wisataindonesia)

Nggak ada salahnya main ke Kota Salatiga untuk menghabiskan waktu liburan. Kota ini cocok untuk dijadikan tempat jalan-jalan dan wisata kuliner. Kalau pengin minuman segar dan makanan unik, bisa juga mencobanya di Es Cobra Salatiga.

Inibaru.id – Di musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) seperti sekarang ini, kamu pasti pengin main ke tempat yang asyik buat jalan-jalan, nongkrong, atau wisata kuliner. Ada rekomendasi buat kamu yang ada di sekitar Jawa Tengah yaitu Es Cobra Salatiga. Seperti apa sih tempat ini?

Salatiga jadi salah satu kota tujuan warga Jawa Tengah untuk berwisata saat akhir pekan atau musim liburan. Kotanya memang kecil, tapi Salatiga memiliki suasana yang nyaman untuk dijadikan tempat jalan-jalan. Apalagi, di sana sudah ada banyak area pedestrian yang cantik.

Ditambah dengan suhu udara yang nggak panas, kota yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Semarang ini memang pas untuk kamu tuju. Di Salatiga juga banyak restoran, kafe, atau bahkan warung-warung kaki lima yang menyediakan kuliner mantap. Jadi cocok banget berwisata kuliner di kota ini. Salah satu yang patut kamu coba adalah Es Cobra Salatiga.

Namanya terkesan seram ya, Millens. Tapi, nggak ada satu pun ular cobra yang dipakai sebagai bahan makanan atau minuman di sana. Kedai ini cukup legendaris di Salatiga karena sudah eksis sejak 1980-an.

Kedai Es Cobra Salatiga yang sederhana. (Restaurantguru)
Kedai Es Cobra Salatiga yang sederhana. (Restaurantguru)

Lokasi Es Cobra nggak jauh dari Pasar Raya Salatiga, tepatnya di Jl. Kalipengging No.4C, Kutowinangun Kidul. Kedainya ada di sebelah SD Bethany Anak Terang. Jadi, nggak susah dicari, deh.

Warungnya terlihat sederhana. Tapi, soal kebersihan, jangan ditanya. Begitu masuk ke dalam, kamu juga bakal langsung melihat tatanan meja kursi yang bersih dan rapi. Pilihan makanan dan minuman bisa kamu lihat di dinding.

Dari sekian banyak pilihan, ada dua minuman yang paling direkomendasikan di kedai ini, yaitu es cobra dan es kencana. Sebenarnya, dua minuman ini memiliki bahan yang sama, yaitu aneka buah-buahan, kolang-kaling, cendol, dan tapai. Lantas, apa bedanya?

“Es kencana pakai perasan jeruk, kalau es cobra pakai santan,” ungkap Wihikanwijna, pemilik blog Mblusuk.com, Jumat (14/9/2018) saat menceritakan pengalamannya wisata kuliner di tempat tersebut.

Es Cobra Salatiga nggak sulit dicari. (Restaurantguru)
Es Cobra Salatiga nggak sulit dicari. (Restaurantguru)

Beberapa makanan yang banyak direkomendasikan orang adalah ayam goreng modern, ayam kremes sambal hitam, ricebowl ayam saus asin, dan ricebowl nasi kulit. Katanya sih, rasa makanan-makanan tersebut cukup unik.

Soal harga, nggak mahal kok, Millens. Menu ayam goreng modern bisa kamu dapatkan dengan harga Rp27ribu. Nasi liwet, nasi langgi, hingga ricebowl nasi kulit bisa kamu pesan dengan banderol Rp22.500. Bagaimana dengan harga minumannya? Es cobra, es kencana, es sarang burung, dan es buah hanya dihargai Rp18 ribu.

Kecuali Hari Senin, Es Cobra selalu buka setiap hari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. Kalau kamu pengin mencicipi minuman-minuman dingin menyegarkan di sana, paling cocok kalau datang pas suhu udara cukup panas, ya.

Tertarik menghabiskan waktu liburmu di Es Cobra Salatiga, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved