BerandaKulinary
Sabtu, 14 Jan 2023 10:42

Lima Menu Kopi Paling Populer di Asia, Mana Favoritmu?

Lima Menu Kopi Paling Populer di Asia, Mana Favoritmu?

Ilustrasi: Ca Phe Trung atau eggnog, merupakan salah satu kopi yang populer di Asia. (Vibrantlyvietnam)

Situs kuliner TasteAtlas pada akhir 2022 merilis jenis kopi yang populer di Asia. Beberapa di antaranya adalah kopi khas Indonesia, lo. Pengin tahu kopi apa saja itu? Simak ya!

Inibaru.id - Sudah memasuki tahun 2023, perkembangan di dunia kopi sudah semakin canggih dan bervariasi. Penikmatinya semakin hari semakin banyak, seiring dengan menjamurnya kedai atau kafe untuk ngopi.

Kopi nggak lagi minuman penghalau rasa kantuk, sekarang ngopi adalah sebuah gaya hidup. Bahkan sebagian anak muda merasa harus minum seduhan kopi terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Jika kelupaan mencecap kopi, hari itu seperti nggak sempurna. Betul seperti itu nggak, Millens?

Nah, jika kamu juga kaum milenial yang erat dengan minuman satu ini, pasti tahu menu kopi yang ngetren dan sering dipesan di kafe kopi, kan? Kira-kira sama dengan kopi paling populer di Asia yang dirilis oleh TasteAtlas (19/12/2022) via Detik, Selasa (10/1/2023) berikut ini nggak ya? Yuk simak satu per satu!

1. Kopi Tubruk

Ilustrasi: Kopi tubruk sering disajikan di angkringan karena mudah cara menyeduhnya dan nikmat rasanya. (Sabani)
Ilustrasi: Kopi tubruk sering disajikan di angkringan karena mudah cara menyeduhnya dan nikmat rasanya. (Sabani)

Kopi tubruk yang racikannya kental dan kaya rasa ini adalah kopi paling populer di Indonesia. Cara meraciknya sebenarnya sederhana, hanya memerlukan air mendidih atau panas ke dalam cangkir atau gelas berisi bubuk kopi dengan gilingan halus maupun sedang.

Campuran tersebut diracik sampai tercampur dengan baik. Kopi ini kemudian dibiarkan selama beberapa menit sampai bubuk kopi mengendap di bagian bawah cangkir.

Meskipun gula nggak wajib ditambahkan, kebanyakan orang memilih untuk menambahkan kopi dengan gula agar sedikit manis. Racikan kopi tubruk ini diyakini telah diperkenalkan oleh para pedagang dari Timur Tengah karena metode dan kopinya sangat mirip dengan racikan kopi Turki (Yunani).

2. Kopi Luwak

Ilustrasi: Konon, kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia. (Widescreen)
Ilustrasi: Konon, kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia. (Widescreen)

Kopi luwak sudah terkenal seantero dunia. Kopi asli Indonesia ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas. Kopi luwak pun disebut kopi paling mahal di dunia, padahal proses pembuatan kopi ini berasal dari feses hewan luwak (musang).

Kopi luwak ditemukan pada awal abad ke-18 ketika Belanda memiliki perkebunan tanaman komersial. Luwak (musang) tersebut mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak. Buah kopi termasuk yang menjadi incarannya.

Biji kopi yang dimakan oleh musang ini keluar dalam bentuk feses. Biji kopi itu dicuci hingga bersih dan dipanggang, kemudian diracik sehingga kopi dapat dinikmati.

Kopi luwak ini juga terkenal dengan harga yang mahal yaitu sebesar $700 atau senilai Rp9.700.000 per kilogramnya.

3. Ca Phe Trung atau Eggnog

Vietnam memiliki ciri khas kopinya sendiri dengan tekstur yang creamy bernama ca phe trung. Kopi ca phe trung ini adalah kopi yang diracik bersama telur. Ada juga yang menyebut racikan kopi ini dengan nama eggnog.

Kopi telur Vietnam ini dibuat dengan cara mengocok kuning telur bersama susu kental manis kurang lebih 10 menit hingga mengembang. Pastikan teksturnya lembut seperti meringue. Kemudian, racikan telur ini dituangkan secara perlahan ke atas espresso yang panas. Bisa juga ditambahkan ke atas racikan es kopi.

Kopi telur ini kali pertama ditemukan pada tahun 1946, tepatnya di Hanoi, Vietnam. Saat itu, seorang bartender yang bekerja di hotel meracik gula dan telur sebagai pengganti susu. Pada saat itu juga, Vietnam sedang dilanda krisis susu.

4. Dalgona

lustrasi: Kopi dalgona bisa kita bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. (Pixabay/Jmexclusives)
lustrasi: Kopi dalgona bisa kita bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. (Pixabay/Jmexclusives)

Dalgona coffee merupakan minuman yang populer di Korea Selatan. Menu kopi ini berupa latte manis dengan tekstur yang lebih creamy karena ditambahkan kopi foam di atasnya.

Dinamakan 'dalgona', karena terlihat menyerupai adonan Dalgona Toffee atau permen tradisional khas Korea Selatan yang populer beberapa tahun belakang karena film Squid Game. Racikan kopi ini juga sangat hits di TikTok.

Dalgona terbuat dari racikan kopi hitam instan, gula pasir, susu. Pertama, seduh kopi hitam instan dan gula pasir dalam mangkuk, kemudian diaduk menggunakan mikser atau alat kocok manual. Setelah kopi berbusa, tuang ke atas gelas berisikan susu.

5. Kopi Turki

Ilustrasi: Menikmati kopi Turki makin lengkap dengan makan kurma atau Turkish Delight. (pahamidulu)
Ilustrasi: Menikmati kopi Turki makin lengkap dengan makan kurma atau Turkish Delight. (pahamidulu)

Kopi khas Turki juga memiliki racikan yang khas. Kopi ini diseduh dalam teko tradisional yang disebut cezve atau ibrik. Proses penyeduhannya menggunakan api kecil hingga berbusa dan hampir mendidih.

Seduhan kopi ini menghasilkan rasa yang kuat dan unik. Kopi khas Turki terkenal memiliki rasa yang kaya. Bisa dinikmati dengan tambahan gula maupun tidak.

Ciri khas dari kopi Turki ini memiliki warna yang gelap. Pada permukaannya terdapat busa yang tebal dan rasa pahit pekat. Kamu bisa menikmati secangkir kopi ini dengan kurma maupun Turkish Delight.

Itulah lima menu kopi yang populer di Asia. Adakah salah satunya yang juga menjadi kopi favoritmu, Millens? (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved