inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Lezatnya Sop Balung Gajah Pak Bayu di Sleman, Yogyakarta
Rabu, 27 Sep 2023 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Sop balung gajah dan menu lain di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. (Aminkiswantoro)

Sop balung gajah dan menu lain di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. (Aminkiswantoro)

Di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu, Sleman, Yogyakarta, ada menu sop balung gajah yang legendaris. Seperti apa ya rasa dari sop ini?

Inibaru.id – Karena masuk dalam satwa yang dilindungi, daging gajah jelas nggak boleh dikonsumsi. Hal ini ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Tapi, kok di Sleman ada sop balung gajah yang cukup terkenal?

Tenang, meski namanya ada embel-embel gajahnya, sop balung gajah yang bisa kamu temui di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu ini sama sekali nggak memakai daging ataupun tulang gajah. Tulang atau balungan yang dipakai untuk bahan sop ini berasal dari sapi. Tapi, karena ukurannya cukup besar, balungan tersebut dianggap mirip tulang gajah, Millens.

O ya, lokasi warung ini ada di Jalan Yudistiro Nomor 2, Palgading, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Selain menyediakan penganan lezat yang sering dijadikan buruan para penggila wisata kuliner, warung ini ada di dekat hutan bambu yang teduh. Duh, suasana warungnya kok menarik banget, ya?

“Kami menyediakan sop balung, sop iga, dan iga bakar,” ungkap salah seorang karyawan di tempat makan tersebut, Eka, sebagaimana dilansir dari Semarangpos, Rabu, (15/7/2020).

Terkait dengan nama sop balung gajah, Eka mengakui bahwa tempat makan yang sudah buka sejak 1982 itu memang sengaja memakai nama yang unik. Selain sop balung gajah, menu lainnya dengan nama nyeleneh adalah satai sugih, satai sultan, dan sop sengkel.

Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu di Sleman, Yogyakarta. (Aminkiswantoro)
Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu di Sleman, Yogyakarta. (Aminkiswantoro)

Tapi, dari semua menu yang tersedia, yang jadi buruan para pelanggan adalah sop balung gajah. Selain karena rasanya yang mantap, ukuran balungan yang disajikan pada sop tersebut jumbo sehingga akan membuat puas siapa saja yang melahapnya.

“Kalau mengincar sop balung gajah, sop iga, dan sengkelnya, jangan datang pas siang. Soalnya pasti sudah habis hanya dalam hitungan jam setelah warung tersebut buka,” ungkap salah seorang pengunjung tempat makan ini, Dyo.

https://inibaru.id/kulinary/mencicipi-kesegaran-es-gosrok-jadul-pak-sutar-di-yogyakarta

Memangnya, kapan warung ini buka? Sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, Millens.

“Sop balung gajahnya nikmat dan segar. Ada sayurannya seperti kubis, wortel, tomat, dan kentang. Dagingnya yang menempel di tulang empuk banget. Kuahnya juga sangat terasa,” terang Dyo terkait dengan rasa sop balung gajah yang dia santap.

Omong-omong, harga sop balung gajah di warung tersebut cukup terjangkau, yaitu Rp13 ribu. Harga menu lainnya juga bervariasi dari Rp10 ribu sampai Rp96 ribu. Kalau minumannya, harganya dari Rp3 ribu sampai Rp14 ribu.

O ya, Millens, Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu selalu tutup setiap hari Senin. Jadi, kalau kamu pengin mencicipi sop balung gajah yang nikmat atau menu lain yang nggak kalah menarik di sana, datang pas hari lainnya, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved