BerandaKulinary
Senin, 9 Jan 2023 12:24

Kreatif, UMKM di Salatiga Ini Ciptakan Es Krim dari Singkong

Kreatif, UMKM di Salatiga Ini Ciptakan Es Krim dari Singkong

Ilustrasi: Es krim singkong. (Fimela/Shutterstock)

Singkong biasanya dipakai sebagai bahan camilan atau jajan pasar. Tapi, di Salatiga, ada es krim singkong, lo. Seperti apa sih rasa es krim yang terbuat dari bahan yang nggak biasa ini?

Inibaru.id – Jika biasanya singkong dijadikan camilan atau bahan jajan pasar, di Salatiga, Jawa Tengah, ada es krim singkong yang segar dan menggoda. Seperti apa sih es krim yang terbuat dari bahan yang nggak biasa ini?

Es krim singkong bisa kamu temui di Kampung Singkong Salatiga. Sebenarnya nama kampung ini adalah sebutan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Singkong Olahan Semesta yang berlokasi di Jalan Argopuro Nomor 14, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. Pemilik UMKM ini, Joko Mulyono, punya cerita tentang ide usaha yang cukup unik ini.

“Selama ini kan singkong diolah jadi makann atau camilan biasa. Nah, kita coba untuk berinovasi agar bisa dinikmati oleh semua kalangan usia, termasuk anak-anak dan orang tua. Jadi, kita pun membuat es krim,” ucap Joko sebagaimana dilansir dari Solopos, Minggu (8/1/2023).

Joko juga menjelaskan tentang proses pembuatan es krim singkong. Menurutnya, untuk mendapatkan komposisi es krim yang pas ternyata nggak mudah. Setidaknya sebanyak tiga kali dia melakukan uji coba sebelum mampu menemukan racikan terbaik.

“Akhirnya kami menemukan kalau bahan yang pas adalah mocaf alias tepung singkong, susu bubuk, kental manis, gula pasir, serta pengembang. Mocafnya sendiri sekitar 20 persen dari total komposisi es krim yang kita buat. Mocaf inilah yang kita jadikan pengganti maizena, bahan yang selama ini dipakai untuk membuat es krim,” lanjutnya.

Berkat penggantian bahan dari tepung maizena ke mocaf pula, dia bisa membuat industri es krim dengan skala rumahan. Soalnya, jika maizena harus diproduksi oleh pabrik, sementara mocaf bisa diolah sendiri oleh Joko dan rekan-rekannya.

Tersedia Tiga Varian Rasa

Proses pembuatan es krim singkong. (Tribunjateng/Hanes Walda Mufti)
Proses pembuatan es krim singkong. (Tribunjateng/Hanes Walda Mufti)

Meski bahan dasarnya singkong, bukan berarti es krim buatan UMKM Singkong Olahan Semesta hanya menyediakan rasa yang itu-itu saja, ya, Millens. Nyatanya, kamu bisa mencicipi es krim singkong dengan varian rasa cokelat, vanila, dan stroberi. Per cup, es krim ini juga dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp5000.

“Tiga rasa itu permintaannya paling banyak. Tapi sebenarnya kita juga bisa membuat varian rasa lainnya,” ungkap Joko sebagaimana dilansir dari Tribunjateng, Minggu (8/1).

Setidaknya, Joko dan rekan-rekannya mampu memproduksi 150 sampai 180 cup es krim singkong. Es krim-es krim ini dijual di sejumlah kafe yang ada di Salatiga.

Kamu penasaran dengan kenikmatan dan kesegaran es krim singkong Salatiga ini? Kalau mampir ke sana, sebaiknya kamu juga mencicipinya untuk mengobati rasa penasaran. (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved