Jadi Nggak Maksimal, 7 Makanan Ini Sering Salah Dikonsumsi

Jadi Nggak Maksimal, 7 Makanan Ini Sering Salah Dikonsumsi
Yakin cara makanmu sudah benar? (Skinnyms.com)

Kamu yakin cara makan atau memasak sayur dan buahmu sudah benar? Ketahui kesalahan dalam mengkonsumsi dan memasak 7 sayur dan buah di bawah ini!

Inibaru.id – Sudah yakin cara mengkonsumsi makananmu sudah benar? Secara nggak sadar, kamu mungkin melakukan kesalahan dalam mengkonsumsi makanan karena terbawa kebiasaan orang kebanyakan. Namun hal ini bisa sama sekali salah lo!

Untuk itu, kamu perlu tahu cara memasak dan konsumsi makanan yang tepat agar bisa mendapat nutrisi yang kamu butuhkan. Terus gimana sih cara mengkonsumsi dan memasak makanan yang tepat?

1. Yogurt

Jangan buang cairan di atas yogurt. (The Spruce Eats)
Jangan buang cairan di atas yogurt. (The Spruce Eats)

Jangan buang cairan bening yang terdapat di atas yoghurt sesaat setelah membuka wadahnya! Cairan ini merupakan whey yang mengandung banyak protein dan vitamin B12. Setelah membuka kemasan, aduk merata dengan yogurt sebelum mengkonsumsinya agar kamu mendapat manfaat maksimal.

2. Kiwi

Konsumsi kiwi dengan kulitnya. (Kawaii Beauty Japan)
Konsumsi kiwi dengan kulitnya. (Kawaii Beauty Japan)

Nggak hanya apel, kiwi juga baik jika dikonsumsi beserta kulitnya lo. Kulit kiwi mengandung nutrisi yang tinggi, terutama serat, folat, dan vitamin E. Konsumsi buah kiwi utuh, termasuk kulitnya, dapat meningkatkan asupan serat, vitamin E dan folat.

3. Tomat

Masak tomat terlebih dahulu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Masak tomat terlebih dahulu. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Alih-alih mengkonsumsi tomat mentah, kamu harus memasaknya terlebih dahulu agar mendapat nutrisi dari kandungannya. Tomat yang dipanaskan hingga 90 derajat celsius akan menghasilkan nutrisi yang maksimal seperti likopen yang bisa mencegah tumor dan penyakit jantung.

4. Teh

Bolehkah teh dicampur susu? (Frisianflag)
Bolehkah teh dicampur susu? (Frisianflag)

Mengkonsumsi Thai tea memang menyegarkan. Namun ternyata mencampurkan teh dengan susu nggak disarankan lo! Susu dapat menghilangkan manfaatnya untuk kardiovaskular karena proteinnya membuat nutrisi teh lebih sulit diserap. Meskipun antioksidan dalam teh nggak berubah karena susu sih.

5. Stroberi

simpan stroberi dalam keadaan utuh. (iStockPhoto)
simpan stroberi dalam keadaan utuh. (iStockPhoto)

Simpanlah stroberi utuh agar nutrisinya seperti serat, antioksidan, dan vitamin C tetap terjaga dengan baik. Stroberi yang telah dipotong akan sensitif terhadap cahaya dan oksigen sehingga nutrisinya lebih mudah hilang. Sebaiknya konsumsi stroberi dalam keadaan utuh.

6. Brokoli

Blanch brokoli untuk mendapat nutrisi maksimal. (iStockphoto)
Blanch brokoli untuk mendapat nutrisi maksimal. (iStockphoto)

Konsumsi brokoli yang sudah dimasak setengah matang atau dikukus terlebih dulu. Brokoli punya sifat yang sensitif terhadap panas. Memasak brokoli terlalu lama dapat menyebabkan brokoli kehilangan kandungan vitamin C, klorofil, antioksidan, dan senyawa anti-kanker. Masaklah brokoli dengan teknik blanch atau merebus dalam waktu singkat.

7. Bawang Putih

Biarkan bawang iris 10 menit sebelum dimasak. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Biarkan bawang iris 10 menit sebelum dimasak. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Iris atau cincang bawang putih dan diamkan setidaknya 10 menit sebelum menggunakannya untuk memasak. Hal ini akan memaksimalkan fungsi allicin atau enzim antitumor yang kekuatannya akan meningkat jika terkena paparan udara.

Nah itulah cara mengkonsumsi dan memasak 7 sayur dan buah agar nutrisinya bisa maksimal. Jadi jangan salah lagi ya, Millens! (Det/IB27/E05)