Gochujang Korea, Halal Nggak Sih?

Gochujang Korea, Halal Nggak Sih?
Gochujang Korea semakin digemari anak muda. Apakah halal? (Flickr/ Tirah Nordin)

Saus Korea, Gochujang, kini semakin diburu anak muda Indonesia. Nah, di balik rasa manis dan pedasnya yang mantap, sebenarnya gochujang Korea halal nggak sih? MUI punya jawabannya, lo.

Inibaru.id – Demam apapun yang berbau Korea nggak hanya tentang musik, drama, atau filmnya. Kini, banyak anak muda Indonesia yang tertarik dengan makanan Korea. Salah satunya adalah Gochujang alias sambal pedas khas negara tersebut. Omong-omong, gochujang Korea halal nggak ya?

Ada banyak makanan Korea yang diolah dengan bumbu dengan warna khas merah ini. Yang paling terkenal tentu saja adalah tteokbokki. Kalau kamu makan bibimbap, biasanya juga diberi tambahan saus ini agar rasanya semakin nikmat.

Omong-omong, saus dengan tekstur kental dan sedikit manis ini sekarang bisa kamu dapatkan di berbagai tempat, baik itu supermarket, minimarket, atau bahkan toko daring. Harganya juga nggak mahal. Balik lagi ke pertanyaan awal, sebenarnya gochujang Korea ini halal nggak, ya?

Kamu tahu nggak bahan utama dari gochujang asli? Yap, bahan-bahannya adalah beras ketan, fermenasi kedelai, garam, serta cabai merah giling. Bahan-bahan ini ditempatkan di dalam pot gerabah yang ada di luar ruangan dalam waktu yang lama. Bisa jadi hingga bertahun-tahun, Millens.

Beras ketan ini berfermentasi jadi gula dan akhirnya membuatnya memiliki rasa yang manis. Cabai merah giling membuatnya memiliki rasa pedas. Sementara itu, fermentasi kedelai membuatnya memiliki rasa umami.

Sejumlah makanan Korea diberi tambahan gochujang agar rasanya semakin enak. (Flickr/

Tim Evanson)
Sejumlah makanan Korea diberi tambahan gochujang agar rasanya semakin enak. (Flickr/ Tim Evanson)

Direktur Eksekutif LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ir. Muti Arintawati, M.Si angkat bicara terkait halal tidaknya gochujang Korea ini. Nah, menurutnya, dari bahan-bahan utama saus ini, bisa dipastikan bahwa gochujang nggak masuk dalam bahan makanan haram. Apalagi, hasil fermentasinya juga nggak menghasilkan alkohol.

“Gochujang melalui proses fermentasi. Namun tidak semua produk yang melalui proses fermentasi akan menghasilkan produk haram,” ujar Muti Kamis (9/9/2021).

Menariknya, sebenarnya proses fermentasi pada bahan beras ketan membuat gochujang memiliki sedikit kandungan etanol. Tapi, karena tujuan utama dari fermentasi ini nggak berupa dijadikan khamar alias minuman beralkohol, Muti pun tetap menganggap gochujang sebagai produk halal.

Meski begitu, di negara aslinya sana, ada juga proses fermentasi gochujang yang diberi tambahan alkohol sehingga membuatnya jadi haram. Kalau sudah seperti ini, kamu tentu harus cermat membeli gochujang, apalagi yang secara langsung diimpor dari negara aslinya.

Untungnya sih ya, kini banyak produk-produk gochujang di pasaran yang sudah mendapatkan label halal dari MUI. Di banyak toko daring, juga banyak gochujang yang sudah dipastikan aman dikonsumsi siapa saja, Millens.

Jadi, sudah tahu kan jawaban gochujang Korea halal atau tidak? Omong-omong, kamu suka dengan rasanya, nggak, nih? (Kom/IB09/E05)