Enak dan Murah, 5 Makanan dan Minuman Ini Bikin Otakmu Anti-lemot

Enak dan Murah, 5 Makanan dan Minuman Ini Bikin Otakmu Anti-lemot
Kopi bisa meningkatkan kinerja otak. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Pengin meningkatkan kinerja otak tapi dengan cara yang enak? 5 makanan dan minuman ini efektif lo bikin kinerja otakmu maksimal. Apa aja?

Inibaru.id – Jangan asal makan kalau kamu pengin cerdas. Makanan yang kamu makan akan berdampak pada struktur dan kesehatan otakmu lo, Millens! Memilih makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak dapat mendukung kinerja otak hingga jangka panjang.

Sebagai organ paling vital, otak butuh 20 persen kalori tubuh sehingga banyak bahan bakar yang baik untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari. Tapi beberapa makanan murah dan mudah ditemui berikut ini efektif lo untuk meningkatkan kinerja otak.

5 Makanan yang Efektif Tingkatkan Kinerja Otak

Apa aja sih makanan dan minuman yang efektif meningkatkan kinerja otak?

1. Alpukat

Alpukat kayalemak tak jenuh. (iStockphoto)
Alpukat kayalemak tak jenuh. (iStockphoto)

Alpukat mengandung lemak nggak jenuh yang dapat meningkatkan fungsi otak. Tekanan darah tinggi ternyata dapat menyebabkan penurunan kognitif. Karena itu, mengonsumsi lemak nggak jenuh tunggal yang berasal dari alpukat dapat menurunkan tekanan darah sehingga fungsi otak akan meningkat.

2. Telur

Cocok buat sarapan. (iStockphoto)
Cocok buat sarapan. (iStockphoto)

Kau pasti sudah terbiasa mengonsumsi telur terutama untuk sarapan. Ternyata makanan yang kaya dengan vitamin B6, B12, dan folat ini efektif untuk meningkatkan fungsi otak lo. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

3. Kopi

Kopi juga bagus untuk otak! (Shutterstock)
Kopi juga bagus untuk otak! (Shutterstock)

Selain bikin melek, kopi juga membantumu agar tetap fokus lo. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kapasitas otak untuk memproses informasi. O ya, antioksidan dalam kopi juga dapat mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

4. Brokoli

Membantu mengurangi stres. (iStockphoto)
Membantu mengurangi stres. (iStockphoto)

Sayuran ini menjadi sumber serat yang rendah kalori dan kaya senyawa glukosinolat. Kandungan senyawa ini berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit neurodegenerative dan mengurangi stres. Selain itu vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan dalam brokoli dapat meningkatkan kesehatan otakmu juga lo!

5. Kacang

Cocok buat ngemil. (iStockphoto)
Cocok buat ngemil. (iStockphoto)

Kacang mengandung lemak nggak jenuh dan protein untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari. Selain itu, vitamin dan mineral utama yang dimiliki kacang juga bisa menjaga kesehatan otak, termasuk vitamin E dan resveratrol tingkat tinggi, Millens!

Nah lengkap banget kan, dari cemilan, minuman hingga makanan berat di atas cocok banget buatmu yang pengin meningkatkan kinerja otak, Millens! (Bis/IB27/E05)