Berburu Bakpia Jogja Langsung di Pabriknya, Lebih Murah dan Masih Hangat!

Berburu Bakpia Jogja Langsung di Pabriknya, Lebih Murah dan Masih Hangat!
Kamu bisa lo datang langsung ke pabrik bakpia Jogja. Di mana saja? (Twitter/prameswariwendi/)

Nggak melulu di toko, kamu juga bisa berburu bakpia jogja langsung di pabriknya, lo. Bakpia pathok ini kabarnya bisa dibeli dengan harga lebih murah! Di mana sih, tempatnya?

Inibaru.id – Bicara oleh-oleh khas Jogja, pasti yang terpikir pertama adalah bakpia pathok. Yap, nggak afdol rasanya kalau nggak membelinya kalau main ke sana. Nah, biar pengalaman menikmati bakpia Jogja ini makin terasa, mengapa kamu nggak mencoba untuk memburunya langsung di pabriknya, Millens?

Kawasan tempat bakpia Jogja ini diproduksi ini dikenal sebagai Kampung Pathok. Lokasinya sebenarnya nggak jauh-jauh amat dari Jalan Malioboro, lo. Tinggal jalan sedikit ke barat, kamu sudah bisa menemukannya. Nah, berikut adalah sejumlah pabrik bakpia pathok yang bisa kamu sambangi, Millens.

Bakpia Pathok 25

Salah satu jenama bakpia paling terkenal di Yogyakarta ini nggak hanya menyediakan bakpia di outlet utamanya, lo. Kamu bisa kok mendatangi pabriknya secara langsung, mencicipi, hingga membelinya di sana. Lokasi pabrik Bakpia Pathok 25 ada di Jl Bhayangkara Ng 1, No. 504 Ngampilan.

Begitu memasuki kawasan pabriknya, kamu akan disambut dengan aroma bakpia yang menggoda karena masih hangat dan baru saja masak. Di sana, ada banyak sekali varian bakpia yang bisa kamu cicipi atau kamu beli. Tapi, yang paling populer oleh wisatawan biasanya adalah kacang hijau serta keju.

Kamu tahu nggak Millens kalau wisata untuk melihat pabrik bakpia langsung sudah ada puluhan tahun, lo? Jadi, nggak perlu sungkan untuk mengamati proses pembuatan bakpia secara mendetail begitu sampai di sini, ya?

Bakpia Pathok 75

Bakpia pathok punya pabrik yang menyediakan layanan bagi wisatawan yang ingin melihat langsung proses pembuatannya. (Instagram/Siannakaur)
Bakpia pathok punya pabrik yang menyediakan layanan bagi wisatawan yang ingin melihat langsung proses pembuatannya. (Instagram/Siannakaur)

Kalau jenamanya masih memakai angka-angka, berarti lokasinya nggak jauh-jauh, Millens. Hal ini juga berlaku jika kamu mau mengunjungi Bakpia Pathok 75. Lokasinya dekat kok dengan Bakpia 25, tepatnya di Jl KS Tubun No. 75. Jadi, bakpia ini sudah melegenda karena telah berdiri sejak 1948.

Yang menarik dari Bakpia Pathok 75 adalah proses pembuatan kue ini dengan cara tradisional, yakni dengan tungku dengan bahan bakar bata dan arang. Wah, kayaknya sangat menarik, ya?

Bakpia 75 juga punya pabrik lain, lo, tepatnya di Jl. HOS Cokroaminoto 119 B serta JL KS Tubun, No. 75. Pilihannya banyak deh.

Bakpia Kencana

Kalau kamu datang ke Bakpia Kencana, nggak hanya bakal bisa melihat-lihat proses pembuatannya, Millens. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri! Maklum, pabrik ini menawarkan open kitchen kepada para pengunjung.

Kalau kamu ingin mencobanya, bisa kok datang ke pabriknya yang berlokasi di Jalan Wates km 6, Gamping, Sleman. Nggak di tengah kota, memang, tapi juga nggak jauh-jauh banget kok.

Selain bakpia aneka rasa, di tempat ini juga dibuat sejumlah oleh-oleh seperti wingko babat. Jadi, kamu bisa membeli banyak oleh-oleh, deh.

Nah, tertarik nggak datang langsung ke pabrik bakpia Jogja, Millens? Kayaknya bakal jadi wisata yang menarik, deh. (Tra/IB09/E05)