inibaru indonesia logo
Beranda
Inspirasi Indonesia
Luna Maya: Tak Mudah Bagi Saya Memerankan Suzzanna
Rabu, 12 Jul 2023 13:42
Penulis:
Fitroh Nurikhsan
Fitroh Nurikhsan
Bagikan:
Aktris Luna Maya saat berada di halaman Kampus Karangpanas, Semarang. (Inibaru.id/Fitroh Nurikhsan)

Aktris Luna Maya saat berada di halaman Kampus Karangpanas, Semarang. (Inibaru.id/Fitroh Nurikhsan)

Memerankan sosok legendaris seperti Suzzanna jelas tidak mudah. Luna Maya merasakan beban-beban berat bagaimana dirinya memvisualkan Suzzanna agar orang-orang bisa bernostalgia.

Inibaru.id - Rentang dekade 1980-1991, film horor yang dibintangi Suzzanna Martha Frederika van Osch sangat melegenda di dunia perfilman Indonesia. Bahkan sampai detik ini, nama Suzzanna masih akrab di telinga masyarakat sebagai ratu horor Indonesia.

Dalam enam tahun terakhir, film-film horor Suzzanna dibangkitkan lagi. Pada tahun 2018 yang lalu, Film Suzzanna Bernapas dalam Kubur karya Rocky Soraya tayang perdana di layar lebar. Dua tahun berikutnya, film Suzzanna berjudul Santet Pelebur Nyawa kembali menjajaki layar kaca perfilman Indonesia.

Teranyar, film Suzzanna bakal ada lagi di layar lebar pada tanggal 3 Agustus 2023. Film garapan Guntur Soeharjanto itu berjudul Malam Jumat Kliwon yang diadopsi dari film Suzzanna tahun 1986.

Luna Maya berturut-turut didapuk dan dipercaya memerankan sosok Suzzanna. Kendati sebelumnya sudah dua kali sukses memerankan Suzzanna, beban berat tetap dirasakan aktris sekaligus model itu.

"Tidak mudah bagi saya memerankan Suzzanna. Nama besarnya jadi beban buat saya," kata Luna Maya di Kampus Karangpanas, Semarang, belum lama ini.

Sebelum memerankan Suzzanna di film pertamanya. Luna Maya beserta kru film lainnya menyempatkan diri berziarah ke makam Suzzanna di TPU Giriloyo, Kelurahan Jurangombo, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

"Pertama untuk meminta izin, karena kita sangat menghormati karya-karya Suzzanna yang melegenda," terangnya.

Butuh Kerja Keras

Press conference film Suzzanna 'Malam Jumat Kliwon' bersama para pemain dan sutradara. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)
Press conference film Suzzanna 'Malam Jumat Kliwon' bersama para pemain dan sutradara. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Demi bisa mempelajari karakter Suzzanna dengan baik, Luna Maya rela menghabiskan banyak waktu untuk menonton film-film Suzzanna terdahulu.

"Saya memperhatikan detail. Oh cara ngomong dia lagi emosi, nada tinggi, atau lagi happy tuh begitu. Tapi menirukan dialek Suzzanna masih jadi PR besar," ungkap perempuan berusia 39 tahun tersebut.

Untungnya, Luna Maya dibantu oleh seseorang untuk latihan vokal. Cara seperti itu cukup meringankan bebannya. Pasalnya Suzzanna memiliki suara yang khas.

"Saya sering latihan, tapi ya susah banget. Karena koma dan titiknya saat dialog itu terdengar jelas. Beda banget dengan zaman sekarang yang ngomongnya cepat. Tidak memperhatikan koma maupun titik," resahnya.

Kendala-kendala tersebut, tidak membuat Luna menyerah. Demi para pecinta film horor, dia harus bisa mengatasi persoalan dialek maupun cara bicara Suzzanna.

"Warna suara saya memang berbeda. Tapi yang saya kejar itu intonasi dan gaya bicaranya," imbuhnya.

Seperti Film Superhero

Luna Maya menganggap film horor legendaris Suzzanna layaknya film superhero. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)
Luna Maya menganggap film horor legendaris Suzzanna layaknya film superhero. (Inibaru.id/ Fitroh Nurikhsan)

Di film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon, Luna Maya harus menaikkan berat badannya. Ya, karena film ini menggambarkan sosok Suzzanna muda, badan nggak boleh kurus dan pipi harus chubby.

Di mata Luna Maya, film Suzzanna ibarat film-film superhero. Kenapa? Karena meski jadi hantu, Suzzanna membasmi kejahatan layaknya pahlawan.

"Ini lokal banget. Di luar negeri nggak ada film hantu yang jadi superhero," paparnya.

Nah, khusus untuk film terbarunya ini, perempuan berambut panjang itu menyebut akan mengubah sedikit karakter Suzzanna. Tapi jangan khawatir, secara keseluruhan tetap mempertahankan sisi-sisi yang menjadi ikonik Suzzanna.

"Suzzanna dulu saya lihat banyak sisi jail atau komedinya. Tapi karakter komedi di film terbaru diperankan karakter lain. Mungkin itu bisa jadi sebuah perbedaan," pungkasnya.

Salut dengan kerja keras dari aktris sebesar Luna Maya ini ya, Millens. Dia mau terus belajar meski memerankan sosok legendaris itu tantangannya banyak. Kamu bisa segera menyaksikan akting Luna Maya ini pada awal Agustus nanti. Bersiaplah! (Fitroh Nurikhsan/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved