Kisah Jofiandy Leonata Pratama, Wisudawan ITB yang Sukses di Berbagai Perusahaan Raksasa

Kisah Jofiandy Leonata Pratama, Wisudawan ITB yang Sukses di Berbagai Perusahaan Raksasa
Jofiandy Leonata Pratama, sudah aktif di dunia kerja, tepatnya di perusahaan-perusahaan raksasa sejak kuliah. Kini bermimpi mendirikan perusahaan teknologinya sendiri. (Istimewa)

Banyak mahasiswa yang belum terpikir untuk magang sejak kuliah. Namun, Jofiandy Leonata Pratama justru sudah akrab dengan dunia kerja sejak tahun pertama kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Seperti apa ya, kisahnya?

Inibaru.id – Wisudawan Institut Teknologi Bandung 2021 Jofiandy Leonata Pratama benar-benar menerapkan pepatah learning by doing. Dia bisa menuntut ilmu di mana saja, kapan saja, tak terbatas oleh ruang dan waktu. Dia membuktikannya dengan memiliki banyak pengalaman di dunia kerja sejak masih kuliah. Bahkan, dia sudah menggelutinya sejak tahun pertama kuliah di ITB.

Jofiandy yang baru diwisuda pada Juli 2021 ini pun menceritakan pengalaman kuliahnya yang sangat nggak biasa. Masuk kuliah pada 2017 lalu, dia memilih jurusan Teknik Informatika. Nah, ternyata, dia nggak ingin kuliah hanya dihabiskan di ruang kelas saja. Jofiandy pun memilih untuk aktif di dunia kerja dan mengikuti sejumlah lomba yang dia menangi.

Nggak tanggung-tanggung, Jofiandy memilih untuk magang di perusahaan-perusahaan besar layaknya Shopee, Grab, Traveloka, OVO, serta Ruangguru. Khusus untuk tempat magang yang disebut terakhir, dia bahkan sudah menimba ilmu di sana sejak tahun pertama kuliah.

Soal prestasi memenangi lomba, Jofiandy juga memiliki catatan keren, lo. Sebagai contoh, dia jadi juara pertama lomba Business IT Case COMPFEST UI, jadi yang terbaik kedua di OCBC Ideation Competition, menjadi finalis di Diponegoro National Business Case Competition, dan lain-lain.

Kok bisa ya Jofiandy memilih sibuk di dunia kerja daripada hanya menikmati masa-masa kuliah sebagaimana mahasiswa pada umumnya? Ternyata, dia punya pola pikir yang sangat nggak biasa.

“Sejak jadi mahasiswa baru, aku sangat suka dengan cara belajar practical dan juga sering penasaran dengan dunia kerja. Aku pikir melalui dunia kerja, aku bisa langsung mengimplementasikan hal-hal yang telah didapatkan saat kuliah,” terangnya.

Melalui magang juga, Jofiandy jadi tahu seperti apa nantinya dunia kerja yang bakal dia hadapi. Dia pun merasa lebih siap untuk mengarunginya di masa depan.

Dia pun memberikan saran kepada mahasiswa-mahasiswa lain soal mencari tempat magang. Nggak harus mencari perusahaan besar seperti yang dia lakukan. Di bidang teknikal, bisa lo membuat proyek kecil-kecilan sendiri atau ikut serta dalam proyek orang lain. Menurutnya, yang penting bisa mengeksplorasi diri dan mengetahui potensi apa yang dimiliki, di mana pun tempatnya.

Jofiandy juga menyarankan semua anak muda untuk mengetahui prioritas yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, ada baiknya nggak terlalu berekspektasi berlebihan sehingga saat menjalaninya nggak akan terasa berat.

Kini, Jofiandy sudah terjun di dunia kerja dan menjadi Associate Product Management di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee. Meski begitu, dia sudah berpikir untuk mendirikan perusahaan teknologinya sendiri.

Wih, kegigihan Jofiandy dalam menuntut ilmu dan mencari pengalaman sejak usia muda ini patut untuk ditiru siapa saja, Millens. Kamu juga, ya? (IB09/E05)