Youn Yuh-jung, Aktris Korea Pertama Peraih Oscar, Pemeran Nenek di Film 'Minari'

Youn Yuh-jung, Aktris Korea Pertama Peraih Oscar, Pemeran Nenek di Film 'Minari'
Youn Yuh-Jung, aktris Korea pertama peraih Oscar. (Twitter/MTV)

Suka berbicara kasar, hobi bermain kartu, dan senang menonton tinju, itulah Nenek Soon-ja. Peran inilah yang membawa Youn Yuh-jung meraih Piala Oscar, sekaligus menjadi aktris Korea Selatan pertama di ajang perfilman internasional terbesar tersebut.

Inibaru.id – Belum juga Minari selesai penggarapannya, film yang disutradarai sekaligus ditulis sendiri oleh Lee Isaac Chung itu telah menarik perhatian publik. Selain cerita yang cukup menjanjikan, tentang imigran Korea di AS, film yang tayang pada 2020 itu juga dibintangi oleh deretan bintang terkenal.

Aktor ternama Steven Yeun memerankan tokoh utama dalam film ini. Kemudian, aktris senior ternama Korea Youn Yuh-jung juga turut serta menjadi bagian dari Minari. Bahkan, nama terakhir secara mengejutkan dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam gelaran Piala Oscar 2021.

Digelar di Los Angeles, AS, Senin (26/4/2021) ajang penghargaan ke-93 itu kembali memunculkan kejutan. Selain sutradara perempuan pertama asal Tiongkok, Chloé Zhao (Nomadland), peraih Sutradara Terbaik, Youn Yuh-jung juga menjadi aktris Korea pertama yang berdiri di panggung perhelatan yang juga dikenal sebagai Academy Awards itu.

Nama-nama dikalahkan Youn nggak bisa dianggap enteng. Penampilannya sebagai Soon-Ja, nenek "berbau Korea" yang suka berbicara kasar, hobi bermain kartu, dan senang menonton tinju, itu membawanya mengungguli Amanda Seyfried (Mank) dan Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm).

Youm bahkan mengalahkan Olivia Colman yang bermain apik dalam The Father, sekaligus mengubur mimpi Glenn Close (Hillbilly Elegy) yang telah delapan kali menjadi nomine di Piala Oscar.

Menggoda Brad Pitt

Youn Yuh-jung bersama Brad Pitt. (Wowkeren/Getty Images/Chris Pizzello)
Youn Yuh-jung bersama Brad Pitt. (Wowkeren/Getty Images/Chris Pizzello)

Saat maju ke panggung untuk meraih piala Oscar, Youn Yuh-jung sempat menggoda Brad Pitt, aktor senior pada kesempatan tersebut bertugas mengumumkan pemenang kategori Aktris Pendukung Terbaik.

“Tuan Brad Pitt, akhirnya kita bertemu. Senang bertemu dengan Anda,” ucap Youn kepada Pitt saat memulai pidato, yang dengan segera membuat para tamu undangan tertawa.

Belum berhenti tawa penonton, Youn kembali melontarkan kelakar dengan mengatakan, banyak sekali orang Eropa serta Amerika yang kesulitan menyebut namanya.

“Banyak orang Eropa dan Amerika yang salah menyebutkan namaku. Namun, malam ini kalian saya maafkan,”lontarnya.

Sebelum mendapatkan piala Oscar, Youn juga meraih penghargaan untuk kategori serupa pada gelaran BAFTA ke-74 belum lama ini. Perempuan berusia 73 tahun ini mengaku masih nggak percaya dengan penghargaan yang diraihnya di Oscars.

“Mungkin aku hanya beruntung malam ini. Dan mungkin ini hanya keramahan dari Amerika,” kata dia merendah.

Chloe Zhao, Kejutan Lain dari Asia

Chloe Zhao, sutradara terbaik Oscar 2021. (Twitter.com/ajplus)
Chloe Zhao, sutradara terbaik Oscar 2021. (Twitter.com/ajplus)

Nggak hanya Youn Yuh-jung yang bikin heboh gelaran Oscars 2021. Sutradara Chloe Zhao juga memberi kejutan yang sama. Perempuan 39 tahun ini menyabet gelar Sutradara Terbaik lewat film Nomadland. Hal ini membuat Chloe menjadi perempuan Tiongkok pertama yang mendapatkannya.

Bahkan, dia jadi sutradara perempuan kedua yang meraih gelar ini setelah Kathryn Ann Bigelow pada 2008 lewat film The Hurt Locker.

Dalam sejarah Oscar, hanya enam sutradara perempuan yang pernah menjadi nomine untuk kategori Sutradara Terbaik. Selain Zhao dan Bigelow, sutradara-sutradara lainnya adalah Sofia Coppola, Jane Camipon, Greta Gerwig, serta Lina Wertmuller.

Zhao lahir di Beijing pada 31 Maret 1982. Selain Nomadland, dia juga menyutradarai sejumlah film menarik lainnya seperti Songs My Brothers Taught me, The Rider, dan The Eternals.

Kemenangan Zhao seperti meneruskan kejayaan sutradara pemenang tahun lalu, Bong Joon-Ho yang menggarap Parasite.

“Kemenangan ini untuk semua orang yang memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya dan kebaikan satu sama lain,” ucap Zhao dalam pidato saat menerima Piala Oscar.

Wah, semakin banyak kejutan menarik di Oscars. Menarik ditunggu untuk tahun depan! Kamu sudah nonton film-film ini, Millens(Kom/IB09/E03)