Viral Video Pemberian Bantuan dari Indonesia di Gaza, Nggak Sampai Sasaran?

Viral Video Pemberian Bantuan dari Indonesia di Gaza, Nggak Sampai Sasaran?
Potongan video dengan tuduhan kalau bantuan Indonesia ke Gaza nggak sampai sasaran. (Twitter/JTruzmah)

Akun Twitter @JTruzmah mengunggah video 55 detik sembari menuding pemberian bantuan dari Indonesia di Gaza nggak sampai sasaran. Beneran nggak, sih?

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial muncul video yang menunjukkan pemberian bantuan dari Indonesia ke Palestina, tepatnya di Jalur Gaza. Nah, caption video berdurasi 55 detik ini menyebut kalau bantuan ini nggak benar-benar disampaikan ke orang-orang yang membutuhkan. Apakah hal ini benar?

Yang mengunggah video ini adalah pemilik akun Twitter @Jtruzmah, Joe Truzman. Kalau di keterangan di akun Twitter-nya, sih, dia adalah peneliti di FDD’s Long War Journal. Fokus dari penelitiannya adalah kelompok-kelompok militan di Timur-Tengah, khususnya Gaza. Dia berasal dari Oregon, Amerika Serikat.

Dalam video cuitan yang diunggah Selasa (8/6/2021) pukul 7.06 waktu setempat ini, dia menulis keterangan dari potongan video tersebut.

“Sebuah organisasi sosial di Gaza mengambil keuntungan di tengah-tengah konflik. Seorang fotografer mengambil gambar dari anak-anak sembari membawa bingkisan makanan di atas reruntuhan bangunan. Usai pengambilan foto selesai, makanan itu kemudian diambil kembali oleh orang tersebut,” tulisnya.

Di video itu, terlihat jelas ada banner dengan tulisan Cinta Palestina. Nah, salah seorang warganet Indonesia, @lantip, mengambil tangkapan layar dari video tersebut dan menemukan ada logo Al-Ummahat Peduli di atas tulisan Cinta Palestina.

Kolom komentar di cuitan @Jtruzmah sih isinya lebih banyak orang-orang yang pro ke Israel dan menganggap Hamas sebagai organisasi teroris. Tapi sepertinya kalau yang melihat video ini adalah orang Indonesia, bakal mempertanyakan apakah bantuannya memang sampai ke warga Gaza yang membutuhkan apa nggak.

Pemberian bantuan dari Al-Ummahat Bekasi lewat NPC ke warga Gaza. (npc.or.id)
Pemberian bantuan dari Al-Ummahat Bekasi lewat NPC ke warga Gaza. (npc.or.id)

Nah, kalau menurut laporan Nusantara Palestina Center (NPC) lewat situsnya npc.or.id, Al-Ummahat itu organisasi dari Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan laporan pada 6 Mei 2021 dengan judul artikel 2625 Warga Gaza Terima Takjil dari Al-Ummahat Bekasi, disebutkan kalau bantuan yang dikirim ditujukan untuk kalangan yatim dan dhuafa di Gaza.

Pembagian dilakukan pada Jumat (23/4/2021) dengan detail 750 porsi diberikan kepada 375 kepala keluarga (KK). Kalau ditotal, 2625 orang yang menerimanya. Proses pemberian melibatkan protokol kesehatan yang diatur di wilayah Gaza.

Pembagian bantuan ini dikoordinasikan oleh Ketua Dewan Pembina NPC yang memang tinggal di Gaza, Abdillah Onim. Cara pemberian bantuannya adalah dengan mendatangi satu per satu rumah warga di sana.

Warga, khususnya anak-anak di Gaza antusias dengan bantuan untuk berbuka puasa ini dan mengucapkan terima kasih kepada para donatur dari Al-Ummahat, Bekasi.

Nah, balik lagi ke video, ya Millens. Potongan video 55 detik memang terkadang belum bisa menggambarkan apa yang terjadi secara keseluruhan. Bisa jadi, video tersebut hanya untuk kepentingan PR atau dokumentasi saja, sementara pemberian bantuan dilakukan di waktu atau tempat lainnya. Meski begitu, wajar juga jika sampai ada tuduhan atau pertanyaan yang muncul dari video ini.

Semoga saja pemberian bantuan dari Indonesia ke Gaza, Palestina, memang tepat sasaran dan bisa memberikan manfaat bagi warga di sana, ya, Millens? (Npc,Twi/IB09/E05)