Viral Kilatan Cahaya Diduga Meteor di Puncak Gunung Merapi, Sudah Terkuak Penyebabnya?

Viral Kilatan Cahaya Diduga Meteor di Puncak Gunung Merapi, Sudah Terkuak Penyebabnya?
Kilatan cahaya hijau yang diduga meteor di puncak Gunung Merapi. (Instagram/gunarto_song)

Foto-foto yang menunjukkan kilatan cahaya yang diduga meteor di puncak Gunung Merapi viral. Hanya, pihak BPPTKG justru nggak berani memberikan komentar lebih jauh. Lantas, apa penyebabnya sudah terkuak?

Inibaru.id – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan foto-foto kilatan cahaya diduga meteor di puncak Gunung Merapi. Foto-foto tersebut berupa kilatan cahaya dengan cahaya hijau yang cukup panjang. Nggak hanya menarik dari sisi astronomi, ada juga yang bahkan mengaitkannya dengan hal mistis.

Fenomena kilatan cahaya ini ramai diperbincangkan masyarakat pada Jumat (28/5/2021) lalu. Di foto-foto yang viral, terlihat seperti kilat tersebut mengarah ke puncak Gunung Merapi. Padahal, angle foto membuatnya terkesan seperti itu. Di sejumlah video seperti yang diunggah BPPTKG, sebenarnya kilatan cahaya itu seperti “jatuh” di dekat dengan puncak Merapi, nggak benar-benar di puncaknya.

Masalahnya, hingga saat ini apa sebenarnya kilatan cahaya itu masih jadi misteri. Hal ini pun bikin banyak orang yang justru mengaitkannya dengan hal-hal mistis.

Awal dari kehebohan ini gara-gara pemilik akun Instagram @gunarto_song, Gunarto, mengabadikan fenomena ini dalam sejumlah foto. Dia senang mampu mengabadikan fenomena yang berlangsung secepat kilat ini. Saat itu, dia memang berburu foto Gunung Merapi di malam hari dan berada di kawasan Kali Adem, Cangkringan, Sleman.

Meski dirinya menduga kilatan cahaya ini adalah meteor, dia nggak berani mengklaimnya karena merasa bukan ahlinya di bidang astronomi.

Fenomena kilatan cahaya ini juga terekam di CCTV BPPTKG. (Instagram/gunarto_song)
Fenomena kilatan cahaya ini juga terekam di CCTV BPPTKG. (Instagram/gunarto_song)

Kalau menurut keterangan BPPTKG – PVMBG, kilatan cahaya yang juga terekam di kamera CCTV Deles di bagian timur Gunung Merapi ini terjadi pada Kamis (27/5) pukul 23.08 WIB. Menariknya, pihak BPPTKG nggak mendapatkan data lebih jauh terkait dengan kilatan cahaya itu.

Sebagai contoh, sama sekali nggak terekam kegempaan yang biasanya terjadi jika ada benda langit jatuh ke bumi. Nggak ada juga laporan suara atau kilatan dari pos-pos pemantauan gunung yang ada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini.

Lebih lanjut, BPPTKG mengaku nggak bertugas menangani benda-benda langit sehingga nggak bisa memberikan keterangan lebih lanjut tentang apa sebenarnya fenomena tersebut. Mereka memilih meminta masyarakat tetap waspada dengan status Merapi yang masih SIAGA dan tetap tenang dalam memantau gunung ini.

Untungnya, Emmanuel Sungging yang merupakan peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan sedikit keterangan mengenai fenomena ini. Dia menduga jika kilatan cahaya biru kehijauan di puncak Gunung Merapi ini besar kemungkinan memang meteor. Cahaya yang juga dikenal dengan istilah cyan itu memang bisa ditemukan di meteor dan menunjukkan adanya kandungan magnesium di dalamnya.

Meski begitu, Emmanuel hanya meminta masyarakat segera melaporkan fenomena-fenomena seperti ini di masa depan saja. Tujuannya agar Lapan, BNPB, atau bahkan BAPETEN bisa segera melakukan penelitian lebih lanjut.

Nah, kalau menurut kamu, kilatan cahaya di puncak Gunung Merapi ini memang murni meteor atau karena fenomena lain seperti hal mistis, Millens? (Hip/IB09/E05)