Viral COD Bermasalah, Sebaiknya Kurir Pengiriman Barang Mulai Perhatikan Hal Ini

Viral COD Bermasalah, Sebaiknya Kurir Pengiriman Barang Mulai Perhatikan Hal Ini
Kasus COD belakangan sering muncul di media sosial. Apa yang perlu dilakukan para kurir agar nggak lagi mengalaminya, ya? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejumlah video kasus COD viral di media sosial. Hal ini menunjukkan banyak pelanggan belum mengerti apa itu sistem COD. Biar nggak lagi jadi korban, kurir pengiriman barang sebaiknya mulai memperhatikan hal ini.

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial viral sejumlah kasus COD atau Cash on Delivery yang bikin geger warganet. Sejumlah pembeli yang menggunakan layanan ini justru menolak untuk membayar barang yang sudah mereka pesan. Hal ini tentu bikin kurir pengiriman barang bingung, bukan?

Jadi gini, Millens, fasilitas COD memang mulai banyak diterapkan oleh online shop atau e-commerce di Indonesia. Fasilitas ini akan memudahkan pembeli untuk membayar barang begitu sampai di tangan mereka. Pembeli pun bisa memastikan apakah barang sesuai dengan pesanan atau nggak dan mengecek kondisinya terlebih dahulu.

Masalahnya, ternyata banyak pembeli yang nggak mengerti aturan main dari sistem ini. Hal inilah yang belakangan viral di media sosial. Para kurir yang hanya mengerjakan tugasnya mengirimkan barang justru jadi korban semprotan kemarahan para pembeli. Padahal, kesalahan bukanlah pada para kurir ini.

Nah, mengingat ada kemungkinan kasus-kasus lain juga terjadi di masa depan, sebaiknya para kurir mulai memperhatikan beberapa hal saat mengirimkan barang dengan sistem COD.

Harus Tahu Cara Menjawab atau Mendebat Pelanggan yang Marah Karena Sistem COD

Kalau yang ini tampaknya nggak hanya jadi tanggung jawab para kurir, ya, melainkan juga dari pihak e-commerce atau penyedia jasa ekspedisi. Para kurir bisa dilatih untuk menjawab pelanggan yang belum mengerti soal sistem COD. Jadi, andai kena semprot para pelanggan yang sebenarnya melakukan kesalahan sendiri, mereka tahu harus bagaimana menanggapinya.

Kasus COD yang marah-marah ke kurir bikin heboh warganet. (Instagram/Ndorobeii)
Kasus COD yang marah-marah ke kurir bikin heboh warganet. (Instagram/Ndorobeii)

Kalau menilik sejumlah video-video yang viral di media sosial, kebanyakan kurir hanya bisa diam karena bingung harus menjawab apa saat pelanggan marah. Kalau tahu harus menjawab apa, bisa jadi pelanggan tahu kalau merekalah yang membuat kesalahan dan akhirnya mau menerima barang dan membayarnya.

Kamera Ponsel Berkualitas untuk Merekam Kejadian dengan Oknum Pemesan Barang Sistem COD

Perhatikan deh, video-video kasus COD kebanyakan nggak begitu jelas. Meskipun kita bisa melihat marah-marahnya para pelanggan, kita nggak benar-benar bisa melihat siapa yang marah-marah tersebut. Jadi, meski viral, kita nggak bisa dengan cepat menemukan siapa oknum yang melakukannya.

Kalau para kurir dibekali ponsel dengan kualitas kamera baik, tentu bakal lebih baik dalam merekam kejadian ini. Jadi, kalau ada oknum yang melakukan tindakan berlebihan bisa segera diviralkan dan ditemukan.

Selain itu, sebenarnya pihak e-commerce atau toko daring mulai memberikan edukasi seperti menempatkan informasi aturan COD besar-besar di aplikasi mereka. Jadi, setidaknya para pelanggan bisa membaca syarat dan ketentuannya. Hal ini tentu bisa membantu para kurir sehingga mereka pun nggak jadi korban marah-marah nggak berdasar, lagi.

Kalau kamu, ada ide lain buat para kurir demi menghadapi kasus COD yang ada-ada saja ini, nggak, Millens? (Hip/IB09/E05)