Tips Mengembalikan Indra Penciuman Karena Anosmia

Tips Mengembalikan Indra Penciuman Karena Anosmia
Ada beberapa cara mengembalikan indra penciuman karena anosmia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Salah satu gejala khas Covid-19 adalah anosmia alias hilangnya indra penciuman. Nah, untuk mengembalikan indra penciuman ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, lo, Millens. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Salah satu gejala yang paling sering dialami penderita Covid-19 adalah anosmia alias hilangnya indra penciuman.

Meski kamu juga bisa mengalaminya saat pilek, anosmia karena Covid-19 lumayan berbeda. Kamu bisa benar-benar nggak bisa membaui apapun sehingga mempengaruhi selera makan. Padahal, agar cepat sembuh, pasien Covid-19 harus memperhatikan makanannya, bukan?

Nah, kalau kamu adalah pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri atau ada keluarga kamu yang sedang menjalaninya, bisa lo mencoba tips-tips ini untuk mengembalikan indra penciuman karena anosmia.

Yuk, simak!

1.       Mengonsumsi Teh Jahe

Teh jahe. (Flickr/Marco Verch Professional Photographer)
Teh jahe. (Flickr/Marco Verch Professional Photographer)

Orang Indonesia banyak yang suka mengonsumsi minuman dari bahan jahe. Hal ini disebabkan oleh sensasi hangat dan segar usai mengonsumsinya. Nah, sejumlah pakar kesehatan ternyata merekomendasikan minuman seperti teh jahe untuk mengatasi masalah anosmia, lo.

Nggak hanya jahe yang kamu tumbuk sendiri, jahe bubuk yang dijual dalam kemasan juga sudah cukup untuk membantumu mengembalikan indra penciuman. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti-inflamasi alias anti-peradangan di dalam rempah yang satu ini.

“Minum the jahe dapat meredakan peradangan pada rongga pernapasan, mengurangi kotoran yang menghalangi saluran pernapasan, dan membantu mengembalikan indra penciuman,” terang pakar naturophatic dr El Hajj sebagaimana diungkap laman Healthline.

Pakar kesehatan lebih merekomendasikan minum teh jahe yang masih dalam kondisi hangat agar efeknya lebih terasa, Millens.

2.       Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Membersihkan hidung. (Klikdokter)
Membersihkan hidung. (Klikdokter)

Ini beneran lo, kalau kamu rajin membersihkan rongga hidung dengan air garam, indra penciuman kamu bisa lebih cepat kembali berfungsi usai mengalami anosmia akibat Covid-19. Hal ini disebabkan oleh kemampuan air garam dalam membersihkan rongga hidung, membantu orang-orang yang pernah mengidap sinusitis, atau mereka yang mengalami alergi.

Kamu bisa menggunakan semacam suntikan yang sudah tidak ada jarum suntiknya. Alat ini bisa dibeli di apotek, kok. Kalau nggak ada, kamu bisa menggunakan semacam botol cuka atau botol kecap untuk menyemprotkan air garam ke dalam rongga hidung.

Lakukan setidaknya tiga kali penyemprotan agar rongga hidung semakin bersih dan indra penciumanmu bisa kembali, ya Millens?

3.       Memakai Minyak Castor

Minyak castor. (Flickr/

terry lavigne)
Minyak castor. (Flickr/ terry lavigne)

Kalau kamu penasaran apa itu minyak castor, sebenarnya adalah minyak jarak. Minyak ini bisa membantu mengatasi infeksi. Selain itu, keberadaan asam risinoleat di dalamnya juga bisa menurunkan sumbatan dan peradangan pada saluran pernapasan.

Nah, untuk memakai minyak ini, kamu hanya tinggal menghangatkan minyak castor. Setelahnya, kamu tinggal meneteskannya ke lubang hidung kamu setiap sebelum tidur. Dengan cara ini, anosmia pun bisa segera menghilang dan indra penciuman kamu bisa kembali pulih.

Jadi, sudah tahu kan cara-cara untuk mengembalikan indra penciuman usai terkena anosmia karena Covid-19, Millens? (Det/IB09/E05)