inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Mencegah Kecoak Masuk ke Dapur
Minggu, 24 Mar 2024 09:39
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kecoak masuk ke dapur. (iStock)

Kecoak masuk ke dapur. (iStock)

Jengah dengan kecoak masuk ke dapur dan bikin jijik? Lakukan berbagai hal ini untuk mencegahnya, yuk!

Inibaru.id – Selain tikus, barangkali kecoak adalah hewan yang paling dibenci semua orang. Apalagi jika sampai masuk ke dalam rumah. Masalahnya, terkadang kecoak masuk ke dapur dan menyentuh makanan. Kalau sudah begitu, kita tentu merasa jijik dan makanan yang seharusnya bisa kita santap malah akhirnya kita buang.

Masalahnya, kecoak seperti punya radar tersendiri untuk mendeteksi dapur yang kurang rapi atau nggak bersih. Mereka bakal mendatanginya meski kita sudah berusaha meskipun kita sudah berusaha menutup akses menuju ke sana. Lantas, gimana ya cara mencegah kecoak masuk ke dapur?

Biar nggak pusing, berikut adalah beberapa tips mencegah kecoak masuk ke dapur sebagaimana dikutip dari Better Pest Control, Selasa (19/3/2024). Simak baik-baik, ya!

Buang sisa makananmu

Hal pertama yang bisa mengundang kecoak masuk ke dalam rumah tanpa disadari banyak orang adalah sisa makanan. Kadang, kita terlalu malas membuangnya karena sudah malam atau pengin menunggu sampah lebih banyak baru dibuang. Padahal, sisa-sisa makanan ini bisa menarik perhatian banyak hewan seperti kecoak atau tikus.

Nggak hanya sisa makanan, remah-remah makanan yang jatuh di lantai atau meja makan juga bisa lo menarik perhatian kecoak. Makanya, ada baiknya kamu rajin-rajin membersihkan sisa dan remah-remah makanan tersebut, ya!

Jaga kerapian dan kebersihan dapurmu

Jika dapur rapi, kecoak nggak tertarik untuk datang. (Liputan6)
Jika dapur rapi, kecoak nggak tertarik untuk datang. (Liputan6)

Hal berikut yang bisa kamu terapkan demi mencegah kecoak masuk ke dapur adalah dengan memastikan dapurmu bersih dan rapi. Asal kamu tahu saja, kalau di dapurmu banyak barang menumpuk nggak karuan, bisa menarik perhatian kecoak untuk bersembunyi. Terkadang, tumpukan barang-barang itu bisa jadi tempat bertelurnya kecoak!

Barang-barang yang nggak terpakai seperti tumpukan kardus sebaiknya kamu buang saja. Jika sayang dan mungkin masih bisa dipakai di waktu lain, bisa kamu tempatkan di gudang. Dengan barang yang lebih sedikit, dapurmu jadi lebih mudah dirapikan. Selain itu, lebih mudah dibersihkan deh.

Soalnya, terkadang pada lantai, dinding, atau bagian bawah meja dapur ada sisa makanan, tetesan minyak, atau hal lain yang bisa menarik perhatian kecoak. Kalau berbagai benda tersebut dibersihkan, tentu kecoak nggak mudah datang ke rumah, deh.

Tutup Celah Atau Retakan

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kecoak masuk ke dapur adalah dengan menutup celah atau retakan pada dinding, pintu, hingga ventilasi. Ingat, kecoak ukurannya kecil dan bentuknya pipih sehingga bisa dengan mudah melalui celah-celah tersebut.

Dengan menerapkan berbagai hal-hal tersebut, semoga nggak ada lagi kecoak masuk ke dapur yang bikin resah, ya, Millens! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved