Tips Memilih Sandal Outdoor yang Tepat!

Tips Memilih Sandal Outdoor yang Tepat!
Sandal outdoor harus sesuai dengan bentuk kaki. (Siera Trading Post via tribunnews)

Bukan cuma untuk menunjang penampilan, memilih sandal outdoor yang tepat sangat penting demi keamanan kaki selama berjalan. Buat kamu yang berencana memilih sandal untuk kegiatan outdoor, ada baiknya membaca tips berikut ini.

Inibaru.id – Kalau kamu tanya, tren sandal yang belakangan ini kembali dilirik adalah velcro (sandal gunung). Apalagi, sandal velcro terbukti tangguh di segala medan, nyaman, dan nggak licin, serta hadir dengan ragam model yang semakin keren.

Jika dulu fungsi sandal model velcro cuma buat kegiatan mendaki, tapi siapa sangka perkembangan zaman membuat sandal ini menjadi tren yang juga dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya kamu sehari-hari.

Tips Memilih Sandal Outdoor yang Tepat

Nah, untuk memilih sandal outdoor yang tepat, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:  

1. Sesuaikan ukuran dengan bentuk kaki

Pastikan kamu mengukur kaki dengan baik dan benar. Perhatikan juga agar ukurannya sesuai, termasuk area untuk jari, agar nyaman menopang kaki saat berjalan. Ingat, sandal adalah barang esensial, sehingga kamu butuh rancangan yang benar-benar mengunci kaki dan nggak mudah copot.

Sandal yang mengunci dengan baik membuatmu nyaman selama berjalan. Lebih dari itu, tali pengikat juga nggak boleh terlalu longgar agar sandal nggak mudah lepas ketika kaki terlalu aktif bergerak. Jadi, pastikan semuanya pas ya!

2. Pastikan jahitan rapi dan kuat

Pastikan jahitan rapi dan kuat. (Getty Image/iStockphoto via Kompas)
Pastikan jahitan rapi dan kuat. (Getty Image/iStockphoto via Kompas)

Selain ukuran, hal lainnya yang harus kamu perhatikan ialah memeriksa kerapian jahitan di setiap sisi sendal. Sebagai alas kaki outdoor, jahitan yang rapi dan kuat harus menjadi prioritas.

Bukan hanya jahitan, material atau bahan baku yang digunakan pada lem perekat di bagian sol, tapak, dan kualitas strap juga mesti dipastikan. Selanjutnya bantalan yang empuk, lembut dan anti-selip menjadi unsur penting berikutnya.

3. Tentukan model yang sesuai kebutuhan

Alas kaki untuk kegiatan outdoor identik sebagai sandal kaum laki-laki. Namun, berkat perkembangan tren, sandal outdoor ini juga hadir dalam beragam model, bentuk dan warna–warna kekinian yang bisa digunakan oleh kaum perempuan demi menunjang aktivitas dan tampil lebih trendi serta modis.

Kalau kamu membutuhkan sandal yang mudah untuk dilepas-pasang, model tanpa tali pengikat atau tipe slip on bisa jadi pilihan tepat. Namun, sebaliknya, jika dimanfaatkan untuk waktu berjalan yang cukup lama dan jalanan yang cukup licin, pilih saja sandal model velcro atau strap.

4. Pilih dari jenama terbaik

Sebagai salah satu penunjang keamanan kaki, baiknya kamu nggak asal memilih sandal outdoor. Sebab selain ukuran, material, dan model, memilih jenama yang tepat untuk sandal gunung atau sandal untuk dipakai dalam kegiatan outdoor juga menjadi hal yang nggak kalah penting.

Hm, sudah tahu kan tips memilih sandal outdoor yang tepat? Jangan salah pilih lagi ya, Millens? (Med/IB21/E07)