inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Memahami Lukisan Abstrak bagi Orang Awam
Kamis, 25 Agu 2022 17:15
Bagikan:
Berdiri temenung bersama pasangan memahami arti dari sebuah lukisan bergaya asbtrak. (Museum Macan)

Berdiri temenung bersama pasangan memahami arti dari sebuah lukisan bergaya asbtrak. (Museum Macan)

Nggak semua orang bisa memahami keindahan dan makna lukisan abstrak. Kalau kamu adalah salah satunya, coba deh lakukan berbagai cara ini agar bisa memahaminya dengan lebih baik.

Inibaru.id – Salah satu pelukis abstrak Indonesia yang terkenal adalah Affandi Koesoema. Beliau didapuk sebagai maestro seni lukis yang diakui dunia internasional. Soalnya, gaya melukisnya yang ekspresionis dengan romantisme yang khas memang nggak ada duanya di dunia.

Gaya lukisan abstrak seperti yang dibuat oleh Affandi merupakan salah satu gaya seni yang sulit untuk dipahami. Banyak gambar, warna, goresan yang bagi orang awam terlihat nggak masuk akal. Mereka pun nggak bisa menikmati lukisan yang nggak berwujud dan nggak beraturan tersebut.

Kalau kamu termasuk dalam orang yang kesulitan memahami lukisan abstrak, tenang aja Millens. Ada pelbagai cara yang bisa digunakan untuk memahami dan mengapresiasi lukisan abstrak. Apa saja ya caranya?

Berhenti Mengejar Bentuk

Saat kamu mulai melihat lukisan abstrak, tentu lukisan tersebut terlihat acak nggak beraturan. Mulailah berhenti mencari bentuk nyata dari setiap sisi pada lukisan tersebut. Nikmati saja semua goresan-goresan yang tergambar di kanvas.

Salah satu lukisan abstrak karya Affandi berjudul "Perahu-perahu Madura". (Lelang Lukisan Maestro)<br>
Salah satu lukisan abstrak karya Affandi berjudul "Perahu-perahu Madura". (Lelang Lukisan Maestro)<br>

Kamu cukup menyelami pikiran dan memikirkan sebuah benda atau objek lain. Tafsirkan objek yang terlintas di pikiranmu. Nggak ada yang salah dalam menafsirkan lukisan abstrak. Saat kamu mulai berfikir apakah tafsirannya salah atau benar, jawabannya memang bisa keduanya karena tafsiran setiap orang bisa berbeda-beda.

Rasakan Luapan Emosi dari Lukisan Tersebut

Apa yang kamu tafsirkan dalam lukisan abstrak adalah inti dari sebuah cerita yang kamu simpulkan. Tariklah nafas panjang dan buat dirimu terhanyut untuk menyelami karya seni tersebut. Cobalah rasakan sendiri emosi yang muncul dari tubuh saat melihatnya.

Selain itu, nikmati pula warna-warna yang ada pada lukisan tersebut. Soalnya, setiap warna dan goresan punya emosinya masing-masing.

Baca Keterangan Lukisan

Banyak yang kurang mengerti dalam memahami apa arti dari sebuah lukisan. Terkadang lukisan abstrak dibuat hanya untuk dinikmati seperti keindahan alam tanpa perlu dinilai baik buruknya. Lukisan tersebut hanya perlu diapresiasi dari kombinasi warna dan goresannya.

<i>Salah satu lukisan abstrak karya Affandi berjudul "Cockfight". (Lelang Lukisan Maestro)</i>
Salah satu lukisan abstrak karya Affandi berjudul "Cockfight". (Lelang Lukisan Maestro)

Tapi, kalau kamu memang penasaran dengan tema atau makna dari lukisan abstrak tersebut, coba saja deh membaca keterangan dari si pembuat karya. Soalnya, ada pelukis yang condong dengan satu tema tertentu seperti keindahan, keterpurukan, hingga sesuatu yang traumatis. Setelah membacanya, kamu jadi mengerti deh.

Meski begitu, jika sebuah lukisan abstrak yang kamu pandangi nggak bisa dinilai atau dibaca, bisa jadi karya tersebut memang bukan seleramu. Mungkin gaya abstrak bukanlah tema lukisan yang membuatmu tertarik.

Omong-omong, kamu tertarik dengan lukisan abstrak nggak, Millens? (Ser, Cnn/IB31/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved