inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Hemat Listrik Meski Sering Pakai AC
Minggu, 4 Feb 2024 15:17
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Rutin servis AC, salah satu cara agar tetap bisa hemat listrik. (Medcom/Shutterstock)

Rutin servis AC, salah satu cara agar tetap bisa hemat listrik. (Medcom/Shutterstock)

Kamu pengin hemat listrik meski sering pakai AC? Ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan, lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Meski orang Indonesia terbiasa dengan suhu panas sejak lahir, bukan berarti kita nggak pengin menikmati suhu udara yang lebih sejuk. Oleh karena itulah, jika memang memiliki pendapatan lebih dari cukup, pasti kita pengin memacang air conditioner (AC) di rumah.

Beda dengan penggunaan kipas yang membuat kita diterpa angin dan menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman, AC cukup efektif mendinginkan ruangan dan tetap membuat tubuh terasa nyaman. Tapi, penggunaan AC bakal membuat tagihan listrik jadi lebih tinggi.

Lantas, apakah nggak ada cara agar kita bisa tetap hemat listrik meski sering pakai AC? Nah, berikut adalah sejumlah tips yang diungkap oleh salah satu produsen AC terkemuka, TCL, pada Senin (29/1/2024). Simak baik-baik, ya!

AC harus dipasang dengan benar

Hal pertama yang harus dipastikan untuk membuat AC nggak boros listrik adalah dipasang dengan benar. Jadi, pastikan kamu meminta teknisi yang berpengalaman untuk memasang AC di dalam rumah, ya. Bukannya asal dipasang begitu saja.

Pemasangan dengan benar bakal membuat AC bisa berfungsi dengan efektif tanpa menghabiskan banyak energi listrik. Selain itu, hal ini bakal membuat AC-mu jadi nggak kehilangan garansinya, deh.

Pemasangan unit outdoor AC yang tepat

Unit outdoor AC sebaiknya nggak terpapar panas sinar matahari secara langsung. (Cohesivehomes)
Unit outdoor AC sebaiknya nggak terpapar panas sinar matahari secara langsung. (Cohesivehomes)

Masih banyak orang yang nggak memperhatikan hal ini. Padahal, pemasangan unit outdoor AC bisa memengaruhi seberapa efektif penggunaan energi listriknya. Nah, agar bisa seperti itu, pastikan unit outdoor AC nggak dipasang di posisi terpapar sinar matahari secara langsung. Soalnya, kalau sering terpapar sinar matahari yang panas, kinerja unit outdoor AC jadi lebih berat dan akhirnya membuatnya jadi lebih boros listrik.

Ada baiknya kamu juga memasang unit indoor AC di ruangan yang jarang dibuka pintu atau jendelanya. Alasannya, agar sirkulasi udara dingin yang diproduksi AC jadi lebih efektif dan akhirnya membuat AC jadi nggak boros listrik deh.

Rutin dirawat

Biar kinerjanya tetap baik dan penggunaan energi listriknya efektif, ada baiknya kamu rutin melakukan perawatan pada AC. Caranya adalah dengan memanggil tukang servis AC secara berkala. Dengan melakukannya, debu-debu dan kotoran dibersihkan dari filter serta koil. Sejumlah bagian AC yang perlu dilumasi juga bakal diberi cairan atau oli agar fungsinya bisa berjalan dengan semestinya.

Memakai AC hemat energi

Di Indonesia, sudah ada sejumlah produk AC yang dijual dengan label hemat energi. AC-AC ini bisa mendinginkan ruangan dengan penggunaan energi lebih efisien dibandingkan dengan AC-AC jenis lainnya. Artinya, saat kamu akan membeli AC, pastikan untuk lebih cermat dalam memilih AC mana yang bisa hemat energi.

Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut, kamu pun tetap bisa hemat listrik meski sering pakai AC, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved