inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tempe dari Mi Instan, Cara Unik Masak Mi Instan
Selasa, 4 Apr 2023 17:00
Penulis:
Rizki Arganingsih
Rizki Arganingsih
Bagikan:
Mengolah mi instan jadi tempe. (Instagram/ @tempemovement)

Mengolah mi instan jadi tempe. (Instagram/ @tempemovement)

Kalau bicara tentang tempe, bahan utamanya adalah kacang kedelai. Tapi, belakangan viral tempe yang dibuat dari bahan mi instan. Seperti apa ya tempe tersebut?

Inibaru.id - Tempe adalah makanan asli Indonesia yang sangat populer. Bahan makanan ini bisa dengan mudah ditemui di dapur-dapur rumah, warung, hingga pasar swalayan. Nggak hanya enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, tempe yang dikenal murah meriah juga memiliki rasa yang enak. Oleh karena itulah, wajar jika penganan ini sangat populer.

Nah, belakangan ini, ada sebuah kreasi tempe yang sangat nggak biasa, yaitu tempe yang dibuat dari bahan mi instan, penganan lain yang juga sangat populer di Indonesia.

Sebenarnya sih, ya, olahan tempe dari bahan mi instan nggak baru-baru banget. Pada 1980-an lalu, inovasi ini sudah muncul. Yang melakukannya adalah William Shurtleff dari Indonesia Tempe Movement. Percobaannya saat itu bisa dikatakan berhasil.

Soalnya, hasil eksperimen mengganti bahan utama tempe dari kacang kedelai jadi mi instan justru berimbas pada meningkatnya kadar protein dan munculnya vitamin B pada tempe. Hal ini membuat nutrisi tempe bisa lebih mudah dicerna tubuh, deh.

Cara Bikin Tempe dari Mi instan

Tempe dari mi instan. (Journalavrilladee)
Tempe dari mi instan. (Journalavrilladee)

Cara membuat tempe dari bahan mi instan itu nggak rumit, kok, Millens. Yang pasti, kamu harus menyiapkan dulu bahan-bahannya seperti sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus Indomie varian bebas sesuai selera. Boleh juga pakai mi instan dari jenama lain seperti Mie Sedaap, Supermie, Sarimi, dll. (bungkus plastik dan bumbu jangan dibuang) 
  • 2 jumput ragi tempe 
  • Plester luka
  • 1 tusuk sate untuk melubangi plastik

Cara Membuat:

  1. Rebus mi instan seperti biasa namun jangan sampai terlalu lembek. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan hingga mi nggak mengandung air lagi;
  2. Campurkan mi rebus dengan ragi tempe dan masukkan ke dalam plastik kemasan mi. Setelah itu, tutup rapat plastik dengan plester;
  3. Lubangi kemasan mi dengan tusuk sate. Lubang ini jadi memungkinkan udara masuk ke dalam kemasan dan membuat proses pembuatan tempe berjalan dengan baik;
  4. Diamkan selama 2 -3 hari di suhu ruang sampai menjadi tempe sepenuhnya;
  5. Setelah tempe jadi, kamu bisa mengolahnya layaknya tempe biasa. Kamu juga bisa bereksperimen dengan menggorengnya memakai taburan bumbu mi instan.

Nggak sulit bukan membuat tempe dari mi instan. Gimana, tertarik untuk membuatnya sendiri, Millens? (Rizki Arganingsih/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved