inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tanda Kamu Harus Mengepel Lantai Rumah
Minggu, 15 Okt 2023 10:17
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Mengepel lantai. (Cleanipedia)

Ilustrasi: Mengepel lantai. (Cleanipedia)

Seberapa sering sih kamu harus rajin mengepel lantai rumah? Berikut adalah tanda kamu harus melakukannya.

Inibaru.id – Selain menyeterika pakaian, bisa jadi salah satu aktivitas yang cukup malas dilakukan semua orang adalah mengepel lantai. Ada yang bahkan bisa sampai lantai rumahnya nggak dipel selama berminggu-minggu. Padahal, meski lantai rumah terlihat bersih, bisa jadi sudah penuh dengan debu, kotoran, dan bakteri penyebab penyakit.

Lantas, sebenarnya kapan sih sebaiknya kita mengepel lantai? Kalau menurut Realsimple, Rabu (10/11/2023), idealnya kita mengepel rumah sekali dalam seminggu. Meski begitu, nggak semua orang punya waktu dan energi untuk melakukannya pada frekuensi tersebut. Kalau sudah begitu, kamu bisa memperhatikan sejumlah hal ini untuk menentukan kapan kamu mulai mengepel lantai rumah.

1.       Perhatikan Seberapa Padat “Lalu Lintas” di Lantai Rumahmu

Lantai kamar mungkin tidak sebanyak dipakai jalan kaki lantai ruang keluarga, dapur, atau dekat dengan kamar mandi. Otomatis, lantai tersebut nggak lebih cepat kotor dibandingkan dengan lantai-lantai yang sering dilintasi. Nah, khusus untuk lantai yang lebih cepat kotor, ada baiknya kamu rutin mengepelnya.

Kalau kamu juga memiliki hewan peliharaan atau lantai di mana anak-anak sering masuk tanpa sempat mencuci kaki, ada baiknya kamu juga rutin mengepelnya karena bisa jadi pada lantai tersebut ada banyak debu dan kotoran. Jika bisa, kamu mengepelnya beberapa hari sekali, Millens.

2.       Perhatikan Jenis Lantai yang Ada di Rumahmu

Mengepel lantai idealnya dilakukan sekali dalam seminggu. (Cleanipedia)
Mengepel lantai idealnya dilakukan sekali dalam seminggu. (Cleanipedia)

Kalau lantai rumahmu adalah ubin, sebaiknya rutin dipel setidaknya sekali atau dua minggu sekali karena mudah kotor atau terkena noda. Kalau kamu memakai lantai kayu yang sudah disegel, asalkan nggak sering terkena kotoran, nggak perlu mengepelnya sering-sering.

3.       Perhatikan Kebiasaan Orang Berjalan di Rumahmu

Kalau sepeda motormu masuk ke ruang tamu, tentu lantai pada bagian rumah tersebut harus sering kamu pel. Hal serupa perlu kamu lakukan kalau banyak orang yang tetap memakai sepatunya saat masuk ke dalam rumah. Alas sepatu bisa saja membawa kotoran masuk ke dalam rumah sehingga lantai pun harus rutin dibersihkan.

Selain hal-hal tersebut, berikut adalah sejumlah tanda kamu harus segera mengepel lantai:

1. Ada noda atau kotoran yang terlihat jelas pada lantai

2. Ada banyak rambut atau bulu hewan pada lantai

3. Lantai terasa lengket karena terkena noda atau kotoran lainnya

4. Lantai terlihat kusam

5. Udara di dalam rumah nggak lagi segar

6. Ada anggota keluarga yang mulai mengalami gejala alergi debu

Ingat ya, Millens, mengepel lantai lebih dari sekadar menyiram lantai dengan air. Pastikan untuk menggosoknya sampai bersih dan gunakan sabun untuk memastikan lantaimu bersih dari bakteri penyebab penyakit, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved