inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Suhu AC Terbaik Demi Hemat Tagihan Listrik
Minggu, 7 Jul 2024 11:35
Penulis:
Bagikan:
Suhu AC ideal agar hemat listrik. (Tokopedia/Shutterstock)

Suhu AC ideal agar hemat listrik. (Tokopedia/Shutterstock)

Ternyata, dengan mengatur suhu AC di angka yang tepat, bisa bikin kamu lebih hemat tagihan listrik lo. Lantas, berapa ya suhu AC paling ideal?

Inibaru.id – Kamu pakai air conditioner (AC) di rumah nggak, Millens? Memang, nggak semua rumah di Indonesia dilengkapi dengan peralatan listrik yang bisa bikin suhu udara jadi lebih sejuk tersebut. Alasannya, tentu saja karena penggunaan AC bisa bikin boros tagihan listrik.

Meski begitu, bukan berarti kamu yang terbiasa pengin hemat tagihan listrik nggak bisa memakai AC selamanya. Ada kok trik untuk tetap bikin tagihan listrik hemat dengan memakai peralatan elektronik tersebut. Setidaknya nggak kepanasan deh di rumah.

Sebelum jauh membahas tentang caranya, kita perlu membahas tentang mekanisme AC dalam bikin suhu udara di dalam ruangan jadi lebih dingin. Jadi begini, kalau menurut informasi yang dibuat oleh Times of India, Rabu (3/7/2024), AC zaman sekarang nggak lagi memakai udara dari luar untuk didinginkan dan kemudian diembuskan ke dalam ruangan dengan suhu yang lebih dingin, melainkan mensirkulasikan udara di dalam ruangan dengan koil evaporator agar suhunya lebih jadi lebih dingin.

Karena proses ini, kamu harus pandai-pandai dalam mengatur suhu AC agar bisa mendapatkan kesejukan yang optimal. Banyak pakar pun menyarankanmu untuk mengatur suhu di angka 25 derajat Celcius saja secara konstan. Meski di awal-awal ruangan nggak terasa dingin dengan cepat, nggak seberapa lama kamu bakal merasakan kesejukan, kok.

Suhu 25 derajat Celcius dianggap sebagai suhu paling ideal agar bisa hemat listrik. (Abangbenerin)
Suhu 25 derajat Celcius dianggap sebagai suhu paling ideal agar bisa hemat listrik. (Abangbenerin)

“Pas siang hari di musim panas, memasang suhu 25 derajat Celcius lebih direkomendasikan karena sudah cukup untuk bikin ruangan sejuk namun juga bisa menghemat tagihan listrik. Kalau kamu terus memasang suhu yang jauh lebih rendah dari suhu udara di luar, maka tagihan listrikmu nanti akan membengkak,” ungkap salah seorang pakar AC dari Angie’s List.

Memangnya nggak akan terasa gerah memasang suhu AC segitu? Asalkan ruanganmu tertutup rapat, lambat laun AC bakal mampu membuat suhu udara sesuai dengan angka suhu yang disetel. Nah, karena suhu tersebut (25 derajat) cepat untuk diperoleh, maka begitu mencapai suhu ruangan yangd iinginkan, maka kompresor AC akan berhenti bekerja.

Yang beroperasi pun hanya kipasnya saja dan. Kompresor AC baru akan menyala lagi jika suhu udara ruangan naik dari suhu yang diinginkan. Hal inilah yang bikin penggunaan listrik jadi lebih hemat.

Beda cerita kalau kamu menyalakan AC di suhu 18 derajat, misalnya. Akan butuh waktu lama untuk membuat suhu ruangan turun terlalu jauh dibandingkan dengan suhu udara di luar. Pada akhirnya, AC harus bekerja lebih keras dalam waktu yang lebih lama. Pada akhirnya, hal ini akan mempengaruhi tagihan listrik, deh.

Jadi, sudah tahu kan tips hemat tagihan listrik meski pasang AC. Pastikan suhunya pas agar ruangan terasa nyaman ya, Millens? (Arie Wododo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved