Sebabkan Iritasi, Jangan Gunakan Dua Bahan Aktif dalam Skincare Ini  Secara Bersamaan

Sebabkan Iritasi, Jangan Gunakan Dua Bahan Aktif dalam Skincare Ini  Secara Bersamaan
Ilustrasi skincare. (Shutterstock)

Bukannya wajah mulus dan glowing, penggunaan bahan aktif dalam skincare secara bersamaan berikut ini bisa bikin iritasi dan jerawat lo. Bahan apa saja yang dilarang untuk dipakai bersamaan?  

Inibaru.id – Kamu tentu penginhasil maksimal saat memakai skincare pada wajah. Memang sih semua nggak ada yang instan. Namun kamu nggak bisa serampangan dalam memakai skincare apalagi menggabungkan beberapa produk perawatan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Namun hal ini nggak selamanya benar karena ada beberapa bahan skincare yang nggak cocok jika dipakai bersamaan. Jika kamu nekat, hal ini dapat menyebabkan hilangnya manfaat pada skincare. Lebih parahnya, kulitmu bisa iritasi jika nggak berhati-hati.

Dua Bahan Skincare yang Nggak Boleh Dipakai Bersamaan

Lalu bahan skincare apa saja sih yang nggak boleh digabungkan atau dipakai bersamaan?

1. Retinoid atau Retinol dengan Alpha Hydroxy Acid

Jangan gunakan bersamaan retinol dan AHA. (Stylecraze)
Jangan gunakan bersamaan retinol dan AHA. (Stylecraze)

Jangan gabungkan retinol atau retinoid dengan Alpha Hydroxi Acid (AHA) seperti asam glikolat yang berfungsi sebagai antiaging. Gabungan keduanya dapat menyebabkan iritasi seperti kulit memerah dan kinerja keduanya nggak maksimal. Pilih salah satu bahan untuk dipakai bergantian pada hari berikutnya ya.

2. Retinoid atau Retinol dengan Benzoyl Peroxide

Bisa menyebabkan jerawat. (Pixabay)
Bisa menyebabkan jerawat. (Pixabay)

Penggunaan benzoil peroksida dapat menonaktifkan molekul retinoid, sedangkan retinol memberi fungsi anti penuaan. Penggunaan yang bersamaan akan menyebabkan jerawat.

3. Retinoid atau Retinol dan Vitamin C

Retinol dan vitamin C adalah ide buruk. (iStockphoto)
Retinol dan vitamin C adalah ide buruk. (iStockphoto)

Retinol paling baik digunakan pada malam hari karena membuat kulit lebih sensitif. Jika dipakai siang hari berisiko menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari. Sebaliknya, vitamin C akan lebih maksimal jika digunakan pada siang hari karena bersifat antioksidan yang dapat melindungi kulitmu dari sinar matahari.

Karena memiliki khasiat yang berlawanan, jadi susah kan kalau dipakai bersamaan?

4. Retinoid atau Retinol dengan Salicylic Acid

Bikin iritasi. (iStockphoto)
Bikin iritasi. (iStockphoto)

Asam salisilat (BHA) berfungsi meningkatkan pergantian sel kulit, untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Namun jika kamu menggabungkannya dengan retinol, maka jangan kaget jika kulitmu iritasi dan berjerawat ya!

5. Dua Produk dengan Fungsi yang Sama

Jangan gunakan dua produk dengan fungsi sama. (Beautynesia)
Jangan gunakan dua produk dengan fungsi sama. (Beautynesia)

Menggunakan dua produk dengan fungsi yang sama akan menimbulkan efek yang keras bagi kulit wajah. Contohnya adalah menggunakan benzoyl peroxide atau mengoleskan masker asam glikolat kemudian diakhiri dengan krim yang mengandung asam mandelat. Hal ini nggak berlaku jika kulitmu nggak menunjukkan reaksi apa pun ya.

Kondisi kulit tiap orang berbeda-beda. Yang terpenting kamu telah mengetahui tipe kulit dan menemukan produk yang tepat untuk merawatnya. Jangan tergiur hasil instan sehingga sembarangan menggunakan skincare ya, Millens! (Fim/IB27/E05)