BerandaHits
Selasa, 24 Jan 2023 15:10

Sebab dan Solusi Mengatasi Panci Teflon Lengket

Sebab dan Solusi Mengatasi Panci Teflon Lengket

Panci teflon bisa juga lengket karena beberapa sebab. (via Suara)

Panci teflon memang terkenal memiliki kelebihan antilengket. Tapi sayangnya, lama-lama lapisan atasnya menjadi lengket seperti panci logam biasa. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Inibaru.id – Panci teflon dikenal sebagai jenis panci antilengket. Kamu bisa memasak makanan tanpa khawatir bakal lengket. Selain itu, membersihkan panci teflon juga nggak sulit.

Sayangnya, panci teflon sekalipun bisa menjadi lengket seiring waktu dan frekuensi pemakaian. Alhasil, kamu harus menggosok kerak yang menempel pada permukaan panci.

Perlu kamu tahu bahwa keunggulan panci teflon atau panci antilengket dibandingkan peralatan masak tradisional adalah bisa menghalangi partikel makanan menempel karena permukaan Teflon. Pada panci logam, kamu harus menuang banyak minyak goreng jika pengin menggoreng. Hal ini untuk mencegah makanan menempel.

Sebaliknya, kamu nggak butuh banyak minyak untuk menggunakan Teflon karena pada permukaannya telah dilengkapi dengan pelindung. Tapi, bukan berarti nggak mungkin lengket ya. Dikutip dari Mashed, Kamis (29/12/2022), lapisan Teflon bisa lengket karena beberapa sebab.

Ketika kamu menggunakan spatula logam, pembersih abrasif, dan sabut gosok, atau menumpuk panci dan wajan, lapisan teflon dan partikel makanan akan mulai menempel pada logam. Karena itu, alih-alih spatula logam, gunakan spatula kayu atau silion biar lapisan teflon ini aman.

Ada beberapa sebab mengapa panci teflon menjadi lengket. (Shutterstock/Peter Kim)
Ada beberapa sebab mengapa panci teflon menjadi lengket. (Shutterstock/Peter Kim)

Lalu, bagaimana jika terlanjur lengket? Eits, jangan langsung beli baru ya. Senggaknya ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Caranya, campurkan:

1 cangkir air,

2 sendok makan soda kue,

½ cangkir cuka putih.

Setelah itu, tuang cairan ke dalam peralatan masak dan didihkan selama 10 menit. Ambil teflon yang pengin diperbaiki, cuci bersih kemudian gosok dengan sedikit minyak sayur. Cara ini bakal memperbaiki permukaan panci antilengket kamu biar nggak lengket.

Terakhir, jika kamu akan menyimpan panci dengan cara menumpuknya, sisipkan tisu dapur di antara masing-masing panci. Yap, kamu harus melindungi teflon dari goresan yang nggak diinginkan.

Nggak susah kan merawat panci teflon ini, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved