Sapi Dikultuskan di India, Bagaimana Tradisi Penyembelihan Kurban di Sana?

Sapi Dikultuskan di India, Bagaimana Tradisi Penyembelihan Kurban di Sana?
Proses penyembelihan hewan kurban, khususnya sapi di India nggak bisa dilakukan sembarangan. (Inibaru.id/Audrian F)

Di India, sapi adalah hewan yang dikultuskan. Padahal, sapi sering dijadikan hewan kurban di Hari Raya Iduladha. Lantas, seperti apa ya tradisi penyembelihan hewan kurban di India?

Inibaru.id – Kalau di Indonesia, penyembelihan hewan kurban biasanya berupa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Nah, kalau di India, bisa jadi beda. Bagaimana nggak, sapi di kultuskan di sana. Kalau sembarangan menyembelih sapi di India, bahkan termasuk saat Hari Raya Iduladha, bisa jadi akan memicu perselisihan.

Di India, Hindu adalah agama mayoritas. Memang, di sana jumlah penduduk muslimnya juga sangat banyak, yakni lebih dari 194 juta orang per sensus 2015 lalu. Namun, bukan berarti umat muslim bisa melakukan tradisinya dengan leluasa. Apalagi, banyak muslim di India yang juga nggak ingin menyakiti perasaan saudaranya umat Hindu di sana yang memang mengkultuskan sapi.

Di samping itu, terkadang kebijakan politik di India juga terkadang justru bikin panas antar-umat beragama. Sebagai contoh, baru-baru ini pemerintah India melarang penyembelihan hewan kurban saat Iduladha, apapun hewannya di otoritas Kashmir yang memang didominasi oleh penduduk muslim. Hal ini diungkap harian Eastern Eye pada Senin (19/7/2020) lalu.

Larangan ini sudah dikeluarkan sejak Kamis (15/7). Dikhawatirkan, hal ini bakal semakin meningkatkan ketegangan di wilayah yang dulu sempat mendapatkan status otonomi khusus namun kemudian dicabut pada 2019 itu.

Nah, kalau dalam kondisi normal, biasanya proses penyembelihan kurban saat Iduladha telah dipusatkan di sebuah tempat sesuai yang diatur pemerintah. Biasanya sih tempatnya adalah di lokasi di mana warga muslim adalah mayoritas. Tempatnya pun harus ditutup oleh kain agar nggak sembarangan orang bisa melihatnya. Selain itu, penjagaan ketat oleh polisi juga dilakukan, lo.

Proses distribusi daging hewan kurban juga diatur masyarakat India. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Proses distribusi daging hewan kurban juga diatur masyarakat India. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Alau soal hewannya, kalau memang yang dipilih adalah sapi, biasanya yang dipilih adalah sapi jantan. Hewan ini dipilih sebagai hasil kompromi sehingga nggak begitu menyakiti perasaan umat Hindu. Kalau menyembelih sapi betina, bisa dianggap sebagai sesuatu yang kejam karena memutus keturunan sapi berikutnya. Hewan yang dikurbankan juga harus sudah berusia cukup dan mendapatkan sertifikat sehat usai diperiksa oleh dokter hewan.

Menariknya, di sejumlah negara bagian di India, banyak imam atau ulama yang justru menyerukan warganya agar nggak menyembelih sapi atau kerbau. Mereka lebih menyarankan kurban dengan kambing, domba, atau unta yang dianggap nggak bakal memicu kontroversi sehingga tetap bisa menjalin kerukunan dengan umat Hindu.

Soal pengantaran daging hewan kurban juga nggak bisa dilakukan sembarangan, lo, Millens. Biasanya, sih, otoritas pemerintahan setempat sudah mengatur seperti apa nantinya pendistribusian daging hewan kurban ini agar tidak sampai menyinggung umat Hindu sekaligus tepat sasaran.

Wah, lumayan rumit juga ya, Millens proses penyembelihan kurban di India. (Ali, Ihr/IB09/E05)