BerandaHits
Senin, 13 Mar 2023 12:25

Sama-Sama Kontak dengan Mata, Ini Perbedaan Softlens dengan Hardlens

Penulis:

Sama-Sama Kontak dengan Mata, Ini Perbedaan Softlens dengan HardlensKhatijah S
Sama-Sama Kontak dengan Mata, Ini Perbedaan Softlens dengan Hardlens

Ilustrasi: Ketimbang kacamata, kontak lensa lebih memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam bergerak. (Istimewa)

Sekilas, softlens dan hardlens tampak sama karena dikenakan langsung ke mata kita. Tapi, keduanya memiliki perbedaan dalam kelenturan. Oleh karena itu, fungsi keduanya menjadi berbeda. Apa perbedaannya, ya?

Inibaru.id - Dewasa ini banyak orang yang memilih menggunakan kontak lensa ketimbang kacamata. Ada beragam alasan kenapa pada akhirnya mereka nyaman mengenakan alat bantu penglihatan yang satu ini.

Senggaknya, ada empat alasan sekaligus keunggulan kontak lensa, ya. Pertama, ketimbang kacamata, kontak lensa lebih memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam bergerak. Kedua, beberapa orang merasa percaya diri dan manarik dengan kontak lensa.

Ketiga, kontak lensa dapat memberikan penglihatan yang akurat daripada kacamata karena posisi lensa yang dekat dengan mata. Keunggulan keempat, kontak lensa merupakan pilihan yang lebih baik bagi mereka yang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik karena nggak mudah terjatuh seperti kacamata.

Tapi, tahukah kamu jika kontak lensa itu ada beragam macamnya. Yang paling umum orang ketahui adalah softlens (lensa lunak) dan hardlens (lensa keras). Nah, meski sekilas hampir mirip, kedua jenis kontak lensa itu memiliki fungsi serta dan kelebihan masing-masing.

Perbedaan utama antara softlens dan hardlens adalah bahan pembuatannya dan kemampuan lenturannya. Untuk lebih jelas, simak perbedaan dari keduanya berikut ini.

Bahan pembuatan

Ilustrasi: Perbedaan utama antara softlens dan hardlens adalah bahan pembuatannya dan kemampuan lenturannya. (Sehatq)
Ilustrasi: Perbedaan utama antara softlens dan hardlens adalah bahan pembuatannya dan kemampuan lenturannya. (Sehatq)

Softlens terbuat dari bahan gelatin atau plastik yang fleksibel dan dapat menyesuaikan bentuk mata dengan mudah, sedangkan hard lens terbuat dari bahan plastik yang lebih kaku.

Kemampuan lentur

Softlens memiliki kemampuan lentur yang tinggi, sehingga mudah menyesuaikan bentuk mata dan memberikan kenyamanan lebih pada penggunanya. Hardlens kurang fleksibel dan memerlukan waktu untuk menyesuaikan bentuk mata, sehingga dapat terasa kurang nyaman pada awal penggunaan.

Kebutuhan perawatan

Softlens memerlukan perawatan yang lebih intensif dan penggantian yang lebih sering daripada hardlens, karena bahan pembuatannya lebih mudah rusak dan rentan terhadap kotoran dan infeksi. Hardlens lebih tahan lama dan memerlukan perawatan yang lebih mudah.

Tujuan penggunaan

Softlens biasanya digunakan untuk keperluan kosmetik, seperti untuk mengganti warna mata atau untuk penglihatan jarak dekat dan jauh, sedangkan hardlens biasanya digunakan untuk tujuan medis, seperti untuk mengoreksi mata yang bengkak atau memiliki bentuk mata yang nggak normal.

Nah, itu dia perbedaan softlens dengan hardlens. Jika kamu berniat mau menggunakan alat bantu itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata atau ahli kacamata, ya! (Siti Khatijah/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved