Puasa Bikin Bau Mulut, Gimana Cara Menghilangkannya?

Puasa Bikin Bau Mulut, Gimana Cara Menghilangkannya?
Mengatasi bau mulut saat puasa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nggak makan dan minum seharian membuat puasa bikin bau mulut. Mengingat kita nggak bisa makan atau minum untuk mengatasinya, gimana ya cara terbaik menghilangkan bau mulut ini?

Inibaru.id – Bau mulut dan puasa memang seperti sudah ditakdirkan untuk bersama. Meski ada yang menyebut aroma napas orang puasa adalah aroma surga, tetap saja kita nggak pede kalau mengalaminya. Nah, mengingat puasa bikin bau mulut, gimana ya cara menghilangkannya?

Kalau menurut pakar kesehatan sih, ya, puasa bisa bikin kamu mengalami kondisi halitosis. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang nggak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun selama belasan jam lamanya. Nah, hal ini mempengaruhi produksi air liur dan perkembangan bakteri di dalam mulut. Alhasil, mulut kamu jadi bau nggak sedap, deh.

Nah, biar kamu nggak khawatir karena mengalami masalah ini, coba deh kamu lakukan tips-tips berikut ini agar nggak lagi mengalami masalah bau mulut saat puasa.

1.       Gunakan Mouthwash

Mengingat kamu nggak bisa sering-sering menggosok gigi dan dilarang minum saat berpuasa, maka kamu pun harus mencari cara agar aroma mulutmu tetap segar. Nah, cara ini adalah dengan berkumur memakai mouthwash. Pastikan juga kamu nggak sembarangan memilihnya.

Pilihlah mouthwash bebas alkohol dan obat kumur yang kamu pakai memang cukup efektif membunuh kuman di mulut. Nah, dengan rutin berkumur dengan mouthwash saat berpuasa, napas kamu jadi segar deh.

Gunakan peralatan pembersih gigi dan mulut untuk mengatasinya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Gunakan peralatan pembersih gigi dan mulut untuk mengatasinya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

2.       Perhatikan Kebiasaan Menyikat Gigimu

Ada dua waktu di mana sebaiknya kamu memperhatikan waktu menyikat gigi, yakni usai menikmati makanan berbuka dan setelah sahur. Jika setelah menyantap hidangan berbuka terkadang kamu juga masih ngemil, bisa kok menggosok gigi sebelum tidur malam.

Meski terlihat sepele, hal ini bisa membuat sisa makanan di mulut dan sela-sela gigi dibersihkan. Alhasil, bakteri pun nggak punya lagi tempat untuk berkembang biak. Bau mulut pun nggak akan mudah datang.

Selain itu, kalau kamu merasa nggak pe-de dengan bau mulutmu saat siang atau sore hari, bisa lo menyikat gigimu di waktu tersebut.

3.       Perhatikan Kebersihan Lidah

Nggak hanya gigi yang perlu kamu perhatikan, lidah juga. Kalau lidah kotor, risiko terkena bau mulut pun akan meningkat. Untungnya, sekarang ada cukup banyak alat pembersih lidah yang dijual di toko-toko atau apotek.

Nah, alat pembersih lidah ini nggak membutuhkan pasta gigi untuk digunakan. Sebelum kamu memakainya, pastikan bilas dengan air bersih dan tempatkan di tempat yang higienis, ya?

4.       Jaga Kesehatan Gusi

Ingat, kalau kesehatan gusi kamu nggak baik, risiko mengalami berbagai masalah gigi dan mulut bakal meningkat. Salah satunya adalah bau mulut. Karena alasan inilah saat menyikat gigi sebaiknya kamu juga cermat membersihkan gusi.

Kalau kamu sudah mengalami masalah gusi seperti periodontitis dan gingivitis, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, ya?

Nah, sudah tahu kan cara mengatasi masalah bau mulut saat puasa, Millens? (Hel/IB09/E05)