inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pokemon, Franchise Paling Menguntungkan di Dunia
Kamis, 16 Mar 2023 11:55
Penulis:
Mohammad Fikriansyah
Mohammad Fikriansyah
Bagikan:
Karakter-karaketer ikonik dari franchise Pokemon. (Polygon.com)<br>

Karakter-karaketer ikonik dari franchise Pokemon. (Polygon.com)<br>

Nggak hanya animenya yang populer, kamu juga bisa melihat Pokemon dalam bentuk meme di media sosial, boneka, gantungan kunci, atau bahkan tempelan di helm. Hal ini membuktikan jika Pokemon adalah salah satu franchise paling menguntungkan di dunia.<br>

Inibaru.id - Pokemon atau Pocket Monster adalah salah satu franchise terbesar dalam dunia hiburan. Pada 2021 lalu saja, franchise yang terkenal dengan karakter ikonik Pikachu ini mampu meraup keuntungan sebesar 8.5 milyar USD hanya dari penjualan merchandise.

Menurut data dari Statista, secara keseluruhan sampai dengan 2021, Pokemon telah mendapat keuntungan sebesar 105 milyar USD atau setara dengan 1.6 triliun Rupiah. Jumlah ini melampaui pendapatan Hello Kitty dan Mickey Mouse yang sebelumnya memegang titel sebagai franchise hiburan paling menguntungkan di dunia.

Sejarah Awal Pokemon

Pokemon Red &amp; Blue, game pertama dari serial pokemon yang mengawali kesuksesan franchise ini. (glitchwave.com)<br>
Pokemon Red & Blue, game pertama dari serial pokemon yang mengawali kesuksesan franchise ini. (glitchwave.com)<br>

Sebelum jadi nama besar seperti sekarang ini, Pokemon juga merintis dari bawah, Millens. Perjalanannya dimulai dari game bernama Pokemon Red & Blue (Green di Jepang) untuk konsol Nintendo GameBoy yang dirilis pda 1986.

Game ini langsung laris di pasaran karena punya permainan yang menarik, yaitu mengumpulkan beragam jenis monster dengan kekuatan dan rupa yang berbeda-beda. Selain itu, harga game yang terjangkau juga membuatnya bisa dibeli banyak pihak dari berbagai level ekonomi. Dalam waktu singkat, nama Pokemon pun langsung populer di dunia game.

Sampai sekarang, beragam seri game Pokemon masih dirilis mengikuti perkembangan zaman. Yang terbaru dalah Pokemon Scarlet & Violet yang bisa dimainkan di konsol Nintendo Switch.

Kesuksesan dan Ekspansi

Merchandise Pokemon, salah satu kunci kesuksesan Pokemon. (insidejapantours.com)<br>
Merchandise Pokemon, salah satu kunci kesuksesan Pokemon. (insidejapantours.com)<br>

Setelah sukses di dunia game, Pokemon melebarkan sayap di dunia anime. Kali pertama animenya dirilis adalah pda 1997. Sebagaimana di dunia game, animenya juga langsung digemari banyak orang. Bahkan, sampai sekarang, anime Pokemon yang menceritakan petualang pengumpul Pokemon bernama Ash Ketchum atau Satoshi sudah melampui seribu episode.

Anime ini bahkan sudah melebarkan sayap ke layar lebar. Tercatat, sudah ada 23 film dan sebuah adaptasi live action Hollywood yang cukup sukses berjudul Pokemon: Detective Pikachu. Film yang dirilis pada 2019 lalu melibatkan banyak aktor populer, salah satunya adalah Ryan Renolds.

Hal lain yang membuat Pokemon populer adalah TCG atau Trading Card Game. TCG adalah koleksi kartu dengan gambar karakter Pokemon. Meski terkesan sederhana, nyatanya ada banyak kolektor di seluruh dunia yang memburunya. Sejumlah kartu yang dianggap langka bisa dihargai mahal. Sebagai contoh, ada sebuah kartu Pokemon dihargai 5 juta USD atau sekitar Rp7,9 miliar!

Merchandise Pokemon seperti boneka, gantungan kunci, dan pernak-pernik lain yang lucu dan imut juga laris di seluruh dunia. Pantas saja ya, Millens jika kini Pokemon telah menjadi franchise paling menguntungkan di dunia hiburan.(Mohammad Fikriansyah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved