Inibaru.id - Banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk bisa mengingat materi kuliah. Yang paling praktis adalah dengan memotret materi-materi yang ada di slide dengan kamera ponsel. Harapannya, ketika kelas sudah usai, mereka bisa melihatnya kembali sewaktu-waktu.
Bagi sebagian orang, cara itu mungkin terlihat nggak produktif dan malas apabila mengambil foto tapi nggak pernah melihatnya lagi.
Namun, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Applied Research in Memory and Cognition menemukan bahwa mengambil foto dapat membantu mahasiswa mengingat konten slide dan kata-kata yang diucapkan.
Melansir dari situs Study Finds, Sabtu (19/11/2022), percobaan yang melibatkan 132 mahasiswa ini dilakukan dalam dua bagian. Mereka mengambil foto slide PowerPoint di layar komputer.
Percobaan ini bertujuan mengetahui seberapa banyak mahasiswa mempertahankan materi jika mereka mempelajari atau nggak mempelajari gambar slide sebelum ujian.
Bagian Pertama
Separuh dari jumlah mahasiswa memotret slide bernomor genap dan yang lainnya memotret slide bernomor ganjil. Presentasi PowerPoint membahas mata pelajaran yang tampaknya nggak begitu familiar bagi mahasiswa psikologi seperti seni grafis, anggar, dan pembuatan keju.
Setelah mengikuti kuliah, mahasiswa menyelesaikan tes berisi 60 pertanyaan yang melibatkan pertanyaan dari slide dan bagian pelajaran guru yang hanya diucapkan dengan kata-kata.
Mahasiswa yang mengambil gambar slide mengingat konten slide lebih baik daripada mereka yang nggak mengambil foto. Namun, nggak ada perbedaan daya ingat ketika informasi disampaikan secara lisan.
Bagian Kedua
Eksperimen kedua ini memberikan setengah dari peserta boleh memotret slide pilihan mereka. Separuh lainnya diinstruksikan untuk hanya mengambil foto slide yang dipilih orang lain.
Temuan menunjukkan nggak ada masalah baik pada mahasiswa yang memilih sendiri foto slide atau foto dari slide yang dipilihkan orang lain. Kedua kelompok mengingat konten yang difoto lebih baik daripada konten yang nggak difoto.
Tapi satu manfaat yang mengejutkan adalah mengambil foto slide membantu ingatan mereka akan informasi yang disampaikan langsung dari mulut guru.
“Mengingat semakin lazimnya penggunaan teknologi di kelas, terutama dengan maraknya kursus online yang ditawarkan pada saat pandemi Covid-19, adalah bijaksana mempelajari cara terbaik pembelajaran di kelas. Kami jadi dapat memahami cara terbaik untuk mendukung pembelajaran mahasiswa dengan perangkat ini,” komentar sang periset Annie Ditta, asisten profesor yang mengajar di University of California, Riverside dan penulis utama studi tersebut.
Ini adalah penelitian di luar negeri, Millens. Tapi kalau menurutmu, apakah hasil penelitian relate dengan keadaan mahasiswa di sini? (Siti Khatijah/E05)
Artikel ini telah dimuat di Media Indonesia dengan judul Cara Ini Bisa Bikin Mahasiswa Lebih Mudah Mengingat Materi Kuliah.