BerandaHits
Rabu, 11 Jan 2023 11:00

Peneliti: Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Cegah Demensia

Peneliti: Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Cegah Demensia

Ilustrasi: Memelihara hewan kesayangan di rumah membantu seseorang menjaga ingatannya seiring bertambahnya usia. (SolStock)

Selain nggak lagi merasa kesepian, ada hewan peliharaan di rumah bisa membuat seseorang terhindar dari kepikunan atau demensia, lo. Hal itu diungkap oleh para peneliti di Amerika Serikat. Bagaimana hasil risetnya?

Inibaru.id - Selain membuat kita bahagia, hewan peliharaan juga memberikan manfaat jangka panjang kepada kita. Penelitian menunjukkan, memelihara hewan kesayangan di rumah membantu seseorang menjaga ingatannya seiring bertambahnya usia.

Temuan dari University of Michigan, Amerika Serikat, menunjukkan hewan peliharaan bisa berperan dalam otak kita yang menua.

Melansir dari situs Science Alert, Senin (9/1/2023), hasil dari studi yang dipublikasikan dalam Journal of Aging and Health ini didasarkan pada survei perwakilan nasional dari tahun 2010 hingga 2016. Survei tersebut menanyakan kepada lebih dari 20 ribu orang dewasa. Mereka dipantau selama enam tahun.

Tim menemukan ingatan jangka pendek dan panjang pada mereka yang memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun. Ingatan kata-kata mereka jauh lebih baik daripada mereka yang nggak memiliki hewan peliharaan meski usianya sama.

Setiap kali peserta diuji selama periode enam tahun, kelompok pemilik hewan peliharaan menunjukkan skor yang lebih baik, bahkan saat individu bertambah tua.

Memiliki seekor anjing, misalnya, bisa berarti pemilik hewan peliharaan dipaksa untuk bangun dan bergerak lebih banyak, dan melakukan rutinitas terkait erat dengan kesehatan otak.

Cegah Kesepian

Ilustrasi: Bagi para lansia hewan peliharaan bisa mencegah demensia, penyakit kardiovaskular, dan depresi atau kecemasan. (Unsplash)
Ilustrasi: Bagi para lansia hewan peliharaan bisa mencegah demensia, penyakit kardiovaskular, dan depresi atau kecemasan. (Unsplash)

Peneliti membenarkan bahwa memelihara hewan di rumah itu akan membuat kita bahagia. Dampaknya akan semakin nyata pada orang-orang berusia lanjut.

Studi menunjukkan, kehadiran hewan dalam hidup seseorang dapat menghilangkan rasa kesepian dan mengurangi stres kronis.

Bagi para lansia hewan peliharaan bisa mencegah demensia, penyakit kardiovaskular, dan depresi atau kecemasan. Itu karena mereka memiliki makhluk untuk diajak bicara sepanjang hari. Interaksi tersebut dapat melatih jaringan verbal di otak.

Ternyata, manfaat memiliki hewan peliharaan banyak ya, Millens? Di rumah, apa hewan peliharaanmu? (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Hewan Peliharaan Membantu Menjaga Ingatan Seiring Bertambahnya Usia.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved