inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Pecahkan Rekor, Seleksi Pemain Timnas U-17 di Bali 947 Peserta
Senin, 17 Jul 2023 15:41
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Para peserta seleksi pemain Piala Dunia U-17 berfoto dengan Erick Thohir. (Antara)

Para peserta seleksi pemain Piala Dunia U-17 berfoto dengan Erick Thohir. (Antara)

Total pemain yang diseleksi di Bali untuk Piala Dunia U-17 hingga hari kedua mencapai 947 pemain. Ini merupakan rekor terbanyak untuk seleksi pemain yang dilakukan di beberapa kota.

Inibaru.id - Proses seleksi pemain untuk menjadi bagian Timnas Indonesia U-17 memasuki hari kedua di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Seleksi kali ini menarik perhatian dengan jumlah peserta yang mencapai 947 pemain. Ini mencetak rekor sebagai seleksi pemain terbanyak yang pernah dilakukan di beberapa kota.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan kekagumannya terhadap antusiasme peserta seleksi di Bali yang luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa potensi bibit unggul di Bali sangat besar. Sehubungan dengan seleksi ini, PSSI telah mengubah konsep rekrutmen Tim U-17 sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk persiapan Piala Dunia U-17 yang bakal diselenggarakan mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Erick Thohir menekankan pentingnya menjalankan proses seleksi ini secara objektif dan tanpa adanya 'titipan'.

"Semuanya harus sesuai kriteria," tutur Erick.

Tujuan dari seleksi ini nggak hanya untuk mempersiapkan tim untuk Piala Dunia U-17, tapi juga untuk Piala Dunia U-20 pada tahun 2025. Oleh karena itu, PSSI memberikan kesempatan kepada talenta-talenta di 12 kota dan sekitarnya untuk memberikan yang terbaik.

Erick Thohir memastikan nggak ada pemain 'titipan'. (Antara/Dhemas Reviyanto)
Erick Thohir memastikan nggak ada pemain 'titipan'. (Antara/Dhemas Reviyanto)

Erick berharap bahwa seleksi pemain hari kedua ini akan memudahkan PSSI untuk menemukan mutiara talenta dalam negeri bagi Timnas Indonesia U-17 yang dikenal sebagai Garuda Muda.

Sementara itu, tim scouting yang dipimpin oleh Coach Indra Sjafri menjelaskan bahwa seleksi pemain kali ini tidak hanya melibatkan peserta dari Pulau Dewata, tetapi juga dari daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. Kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," ujar Coach Indra.

Dia juga menjelaskan bahwa pemain yang nggak memenuhi standar kualitas turnamen internasional akan disalurkan ke akademi-akademi sepak bola di Indonesia.

Nantinya, bakal ada tes fisik, psikotes, dan tes IQ. Tujuannya, untuk mengevaluasi kemampuan individual, taktikal individu, kemampuan bermain dalam kelompok, dan kemampuan bermain sebagai tim.

Syarat Seleksi

Syarat untuk mengikuti seleksi di Bali adalah menjadi pemain muda yang lahir antara tanggal 1 Januari 2006 hingga 31 Desember 2007. Coach Indra terus berusaha mencari pemain dalam negeri serta pemain Indonesia yang bermain di luar negeri untuk memperkuat lini depan Timnas Indonesia.

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, juga telah memanggil 34 pemain muda untuk menjalani seleksi di Jakarta, termasuk dua pemain dari Bali United Youth, yaitu Andre Pangestu dan Komang Ananta.

"Kerangka tim sudah ada, dan ini mencari tambahan kekurangan-kekurangan yang ada di dalam tim" Imbuh Coach Bima.

Wah, nggak sabar melihat para Garuda Muda ini beraksi ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved