Musim Hujan Tiba, Siap-siap Antisipasi Banjir dengan Tips Ini

Musim Hujan Tiba, Siap-siap Antisipasi Banjir dengan Tips Ini
Musim hujan tiba, kamu harus menyiapkan banyak hal demi mengantisipasi banjir. (Inibaru.id/Audrian F)

Musim hujan sudah tiba, kamu pun harus mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir. Caranya, kamu harus melakukan tips mengantisipasi banjir berikut ini.

Inibaru.id – Nggak terasa, musim hujan tiba-tiba saja sudah kembali hadir di sebagian wilayah Indonesia. Padahal, beberapa saat yang lalu kita mengalami musim kemarau yang cukup panas.

Nah, namanya juga musim hujan. Apalagi di Indonesia, banyak orang yang kemudian khawatir dengan bencana banjir. Untungnya, ada lo tips mengantisipasi banjir yang bisa kamu terapkan.

Banjir bisa terjadi di mana saja. Nggak hanya di kota-kota besar di mana biasanya saluran airnya sudah nggak baik, di banyak pedesaan juga banjir juga bisa melanda. Penyebabnya bermacam-macam, namun seringkali karena kerusakan alam.

Nah, biar kamu nggak kena dampak banjir yang parah, coba deh terapkan tips ini dulu demi mengantisipasinya.

1.       Pindahkan Barang-Barang Elektronik ke Tempat yang Lebih Tinggi

Barang yang paling berisiko terkena masalah jika sampai terendam air banjir adalah barang elektronik seperti televisi, kulkas, komputer, mesin cuci, dan lain-lain. Nah, jika musim hujan sudah tiba dan kamu tinggal di tempat yang rawan banjir, segera deh kamu tempatkan barang-barang itu di tempat yang lebih tinggi.

Kalau di rumah kamu nggak ada lantai dua, cobalah bikin semacam tempat berpondasi lebih tinggi dari lantai rumah sehingga nggak bakal terendam air banjir.

2.       Amankan Furniture dengan Bahan Kain

Amankan sejumlah barang penting di tempat yang aman. (Inibaru.id/Audrian F)
Amankan sejumlah barang penting di tempat yang aman. (Inibaru.id/Audrian F)

Sofa, kasur, dan furniture lain dari bahan kain juga sebaiknya kamu pindahkan ke tempat yang lebih tinggi dulu sebelum terendam banjir. Kalau nggak, barang-barang ini nggak hanya bakal basah, namun juga bakal berjemur, bau, dan kotor. Bakalan bikin jijik, deh.

3.       Perhatikan Soket dan Kabel Listrik

Kamu tahu kan bahayanya kombinasi listrik dan air? Nah, biar nggak ada hal yang berbahaya terjadi, pastikan deh kamu mengamankan soket dan kabel listrik agar nggak terendam air banjir. Contohlah, pastikan kabel soket listrik nggak ada di lantai atau dekat dengan lantai, Millens.

4.       Siapkan Dokumen Penting di Tempat yang Aman

Dokumen penting seperti ijazah, surat tanah, dan lain-lain sebaiknya kamu amankan dulu di tempat yang lebih tinggi. Tujuannya? Ya biar nggak rusak karena terendam air banjir, Millens. Selain itu, sebaiknya kamu menempatkannya di satu wadah sehingga jika tiba-tiba harus mengungsi, bisa dengan mudah kamu bawa deh.

5.       Siapkan Makanan Instan

Kalau sampai banjir berlangsung cukup lama, kamu bakal butuh makanan instan untuk dikonsumsi. Jadi, sebaiknya kamu menyiapkan dulu deh mi instan, biskuit, dan lain-lain. Siapkan juga peralatan memasak atau gas, ya.

Jangan lupakan juga obat-obatan darurat seperti obat flu, obat panas, obat batuk, obat diare, dan lain-lain. Intinya, ya tetap buat jaga-jaga, deh.

Nah, nggak ribet kan tips mengantisipasi banjirnya, Millens? Segera siapkan, ya? (Pop/IB09/E05)