inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Meremajakan Kulit dengan Gua Sha
Senin, 22 Mei 2023 13:00
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Gua sha sudah lama dipakai di Tiongkok Kuno. (Mindbodygreen)

Gua sha sudah lama dipakai di Tiongkok Kuno. (Mindbodygreen)

Salah satu alat kecantikan sederhana yang memberi banyak manfaat adalah gua sha. Siapa sangka, alat ini sudah dipakai selama ribuan tahun di Tiongkok.

Inibaru.id - Umumnya terbuat dari giok, berujung tumpul, dan digosokkan ke bagian tubuh seperti wajah. Yap, alat ini adalah gua sha.

Gua sha, teknik perawatan kulit yang berasal dari Tiongkok kuno, telah menjadi populer di seluruh dunia sebagai alat perawatan kulit alami dan non-invasif.

Sejarah gua sha

Gua sha memiliki akar yang kuat dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Praktik ini telah ada selama berabad-abad dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan mengatasi ketidakseimbangan energi di dalam tubuh. Gua sha melibatkan penggosokan lembut pada kulit dengan alat yang terbuat dari bahan seperti batu giok, jade, atau kuartet.

Gua sha bekerja dengan merangsang sirkulasi darah di kulit dan jaringan di bawahnya. Teknik penggosokan dengan tekanan ringan hingga sedang membantu meningkatkan aliran darah, yang pada gilirannya mengoptimalkan suplai nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Selain itu, penggunaan gua sha juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot, merangsang limfatik, dan membantu menghilangkan racun dari kulit.

Manfaat Gua Sha

Salah satu manfaat gua sha adalah meremajakan kulit. (via Liputan6)
Salah satu manfaat gua sha adalah meremajakan kulit. (via Liputan6)

Meski terlihat sepele, namun manfaat gua sha ini nggak main-main lo. Apa saja?

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Gua sha membantu meningkatkan aliran darah ke wajah dan tubuh, memberikan nutrisi dan oksigen yang cukup ke sel-sel kulit. Hal ini dapat meningkatkan kecerahan kulit dan merangsang regenerasi sel.

2. Mengurangi pembengkakan dan meredakan inflamasi

Teknik penggosokan gua sha membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan inflamasi pada kulit. Ini dapat membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan jerawat, serta memberikan efek menenangkan pada kulit yang sensitif atau teriritasi.

3. Membantu meremajakan kulit

Gua sha dapat membantu meremajakan kulit dengan merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Penggunaan rutin gua sha dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan, serta meningkatkan tekstur dan kelembapan kulit.

4. Efek detoksifikasi

Gua sha membantu menghilangkan racun dan limbah dari kulit dengan merangsang sistem limfatik. Ini membantu mengurangi pembentukan zat-zat berbahaya di dalam kulit dan dapat memberikan kulit yang lebih bersih dan sehat.

5. Relaksasi dan pereda stres

Selain manfaat fisiknya, gua sha juga dapat memberikan efek relaksasi dan pereda stres. Gerakan penggosokan yang lembut membantu merilekskan otot wajah dan tubuh, sehingga memberikan perasaan nyaman dan tenang.

Melihat manfaatnya yang begitu banyak, kamu tertarik pakai gua sha juga nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved