Menghitung Kekayaan Ustman Bin Affan, Khalifah yang Berjasa Membukukan Alquran

Menghitung Kekayaan Ustman Bin Affan, Khalifah yang Berjasa Membukukan Alquran
Ustman bin Affan, Khalifah yang membukukan Alquran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Khalifah Ustman bin Affan yang dikenal berjasa dalam membukukan Alquran ternyata punya harta kekayaan yang luar biasa. Kira-kira seberapa banyak ya harta kekayaannya?

Inibaru.id – Nuzulul quran adalah peringatan turunnya Alquran setiap 17 Ramadan. FYI, turunnya Alquran adalah pada 1442 H. Nah, untuk tahun ini, peringatan ini terjadi pada Kamis (29/4/2021).

Tapi kali, ini kita membahas tentang Ustman bin Affan. Dia adalah khalifah yang berjasa membukukan kitab suci umat Islam. Nah, kamu tahu nggak, Khalifah Ustman dikenal kaya raya. Meski begitu, beliau mempergunakan kekayaannya ini dengan bijak bagi umat.

Khalifah Utsman dikenal sebagai sahabat nabi sekaligus khalifah nomor tiga Khulafaur Rasyidin. Dia berprofesi sebagai pedagang. Nah, nggak hanya kaya raya, Utsman juga dikenal sangat dermawan. Dia juga nggak ragu mempergunakan kekayaannya untuk kebutuhan dakwah Islam.

Sebagai contoh, saat Perang Tabuk. Utsman dan sahabat-sahabat nabi lainnya berusaha untuk menyumbangkan hartanya demi membantu umat Islam. Nah, khusus Ustman, dia nggak ragu menyumbangkan 50 ekor kuda sekaligus 950 ekor unta! Nggak cukup, Ustman bahkan sampai menyumbang 1000 Dinar!

Harga kuda dan unta itu nggak pernah murah, lo, Millens. Kalau kita hitung sekarang, kombinasi dari harta yang disumbangkan Ustman untuk kebutuhan perang ini lebih dari Rp 75 miliar!

Selain membukukan Alquran, Ustman juga sering membantu umat Islam dengan hartanya yang sangat banyak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selain membukukan Alquran, Ustman juga sering membantu umat Islam dengan hartanya yang sangat banyak. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Waktu kekhalifahan masih dipimpin oleh Abu Bakar, wilayah Hijaz sempat mengalami gagal panen sehingga warga terancam kelaparan. Di sini, Ustman kembali turun tangan membantu orang yang nggak mampu. Nggak tanggung-tanggung, 500 ton gandum langsung dibagikannya ke orang-orang miskin. Saking banyaknya, gandum yang didonasikan, setidaknya harus dibawa sekitar seribu ekor unta!

Konon, Ustman punya simpanan uang sebanyak 151 ribu Dinar serta Seribu Dirham. Selain itu, dia punya harta properti di kawasan Aris dan Khaibar. Nah, peninggalannya kabarnya sekitar 30 juta Dirham serta 150 ribu Dinar. Kalau soal hewan peliharaan, Ustman punya lebih dari 1.000 ekor unta serta kuda.

Tahu nggak, hingga saat ini, harta Ustman masih ada, lo. Dia bahkan punya rekening di salah satu bank di Arab Saudi. Rekening ini masih dikelola oleh Kementerian Wakaf Arab Saudi. Dari tabungan ini pula, didirikanlah Hotel Usman bin Affan yang lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi. Hotel ini selalu laris manis dengan jumlah pendapatan bisa mencapai Rp 150 miliar per tahun.

Selain itu, sebuah kebun kurma yang ditumbuhi lebih dari 1.500 pohon yang dikelola oleh Kementerian Pertanian Arab Saudi ternyata adalah warisan dari Ustman. Hebatnya, separuh dari keuntungan kebun kurma ini diberikan ke anak-anak yatim serta para fakir miskin.

Luar biasa, ya Millens. Ada orang yang memiliki harta yang nggak mungkin habis hingga tujuh turunan. Hanya, Ustman bin Affan mampu mempergunakan harta ini sebaik-baiknya untuk kepentingan umat. Sungguh sesuatu yang sangat patut untuk diteladani. (Moj/IB09/E05)