inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengapa Kalimantan juga Disebut Borneo?
Minggu, 9 Jun 2024 12:46
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Kalimantan dikenal dengan nama lain Borneo. (Ontheworldmap.com)

Kalimantan dikenal dengan nama lain Borneo. (Ontheworldmap.com)

Kepikiran nggak mengapa Kalimantan juga disebut sebagai Borneo, khususnya oleh bangsa asing? Ternyata ini sejarahnya, Millens.

Inibaru.id - Meski orang Indonesia lebih mengenalnya sebagai Kalimantan, realitanya di luar negeri, masih banyak orang yang menyebutnya dengan Borneo. Apalagi, salah satu klub sepak bola yang berbasis di Samarinda, Kalimantan Timur, juga memakai nama Borneo FC. Kepikiran nggak mengapa Kalimantan juga disebut sebagai Borneo?

Kamu tahu nggak kalau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia? Saking besarnya, wilayah ini bisa dibagi menjadi tiga negara. Yang mendapatkan bagian terbesar tentu saja adalah Indonesia. Sisanya, dibagi menjadi wilayah Malaysia dan Brunei Darussalam.

Tapi, kita nggak akan membahas tentang pulau yang dikenal masih kaya dengan hutan hujan dan sungai-sungai yang masih alami ini. Yang kita bahas adalah penamaan Borneo untuk pulau tersebut. Pernah terpikir nggak sebenarnya ini sebutan lokal atau sebutan orang asing untuk pulau tersebut, Millens?

Kalau menurut situs Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, nama Borneo memang lebih sering dipakai bangsa asing untuk menyebut Kalimantan. Asal nama ini berasal dari Kesultanan Brunei. Meski kini wilayah Brunei sangatlah kecil dibandingkan dengan total luas wilayah Pulau Kalimantan.

Borneo FC, klub sepak bola dari Kalimantan. (Kaltimpost/Anggi Pradhita)
Borneo FC, klub sepak bola dari Kalimantan. (Kaltimpost/Anggi Pradhita)

Pada zaman dahulu, kesultanan ini menguasai sebagian besar wilayah di sisi barat dan utara Kalimantan. Oleh karena itulah, saat bangsa Eropa berdatangan ke Kalimantan pada abad ke-16, yang mereka tahu adalah mereka sedang datang ke wilayah Kesultanan Brunei dan kemudian menyebutnya dengan Borneo.

Meski begitu, jika menilik lagi lebih jauh ke abad ke-14, di dalam Kitab Nagarakartagama Pupuh XIV/1 karya Mpu Tantular, sebutan Barune sudah dikenal masyarakat pada zaman tersebut. Sebutan ini merujuk pada Kesultanan Brunei di Kalimantan.

Meski begitu, ada dugaan lain bahwa nama Borneo sebenarnya berasal dari kata Varuna dalam Bahasa Sansekterta. Asal kamu tahu saja, Varuna adalah sebutan untuk dewa lautan atau dewa air.

Di sisi lain, penyebutan Kalimantan diduga berasal dari kata Kalamantahana yang dalam Bahasa Sansekerta bermakna pulau yang panas dan lembap. Sesuai banget kan dengan iklim Kalimantan yang memang seperti itu sampai sekarang?

Hm, ternyata itu sejarah Kalimantan juga disebut sebagai Borneo. Kalau menurut kamu Millens, mana nama yang paling pas? Borneo atau Kalimantan nih? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved