BerandaHits
Minggu, 14 Agu 2022 07:50

Mencari Rasa Nyaman dan Rileks dari Video ASMR

Mencari Rasa Nyaman dan Rileks dari Video ASMR

Meski berdurasi panjang, nggak jarang kita menonton video ASMR sampai selesai. (Shutterstock)

Di media sosial, video ASMR selalu digemari netizen. Konon, suara yang ada dalam video membuat tubuh dan pikiran yang menontonnya merasa rileks.

Inibaru.id - Belakangan, video ASMR banyak digemari penonton. Meski videonya berdurasi panjang, viewer tetap melihatnya sampai selesai. Sebenarnya, apa itu video ASMR dan kenapa video jenis ini bisa menyedot perhatian kita?

ASMR merupakan kependekan dari Autonomous Sensory Meridian Response. Penjelasan sederhana dari ASMR adalah sebuah sensasi spontan seseorang yang dipicu oleh suara tertentu. Sensasi yang timbul itu sering digambarkan sebagai perasaan geli atau merinding.

Bukan rasa merinding yang membuat kita nggak nyaman, lo. Sebaliknya kebanyakan orang yang menonton ASMR mendapatkan sensasi merinding yang justru membuat tubuh merasa rileks, menyenangkan, bahkan membuat tertidur.

Konsep Video Unik

Video ASMR banyak dibikin dan ditonton salah satu sebabnya karena mengusung konsep video yang unik. (Pexels)
Video ASMR banyak dibikin dan ditonton salah satu sebabnya karena mengusung konsep video yang unik. (Pexels)

Contoh video ASMR banyak banget berseliweran di media sosial. Salah satunya adalah video memasak yang menunjukkan suara asli yang timbul dari kegiatan di dapur. Misalnya suara nyaring denting gelas, air yang mengucur, sendok yang terbentur piring, kompor yang dinyalakan, grinder yang sedang beroperasi dan semua aktivitas yang dilakukan dalam video.

Semua suara itu terdengar menyenangkan. Saat menonton itu, ada sensasi merinding yang timbul dimulai dari ujung kulit kepala, menjalar ke bagian belakang leher, lalu ke sepanjang punggung. Terkadang sensasi itu juga bisa bergerak ke bagian lengan serta kaki.

Menurut ahli, sensasi merinding saat menonton ASMR karena ingatan menyenangkan masa lalu kembali saat kita melihat video tersebut. (Liputan6/Pexels/Karolina Grabowsk)
Menurut ahli, sensasi merinding saat menonton ASMR karena ingatan menyenangkan masa lalu kembali saat kita melihat video tersebut. (Liputan6/Pexels/Karolina Grabowsk)

Kenapa itu bisa terjadi? Meski belum ada penelitian ilmiah, menurut kata ahli, munculnya sensasi merinding setelah menonton ASMR datang dari ingatan yang menyenangkan di masa lalu dan terekam oleh otak secara sadar atau nggak. Jadi, kalau kita mendengar atau melihat kejadian serupa, akan merasa tenang dan bahagia.

Meski makin populer, belum banyak orang yang meneliti dan mencari tahu mengapa orang menyukai ASMR. Video jenis ini mempunyai banyak like dan menjadi tren kemungkinan karena konsep yang diangkat tergolong unik dan belum ada sebelumnya.

Memberi Efek Relaksasi

Mendengarkan suara yang ada pada video ASMR bisa membuat perasaan kita menjadi rileks. (Shutterstock)
Mendengarkan suara yang ada pada video ASMR bisa membuat perasaan kita menjadi rileks. (Shutterstock)

Beberapa tahun lalu, Universitas Sheffield dan Manchester Metropolitan University menerbitkan salah satu studi pertama mereka mengenai ASMR. Menurut penelitian tersebut, seseorang yang merinding karena ASMR secara signifikan mengalami penurunan denyut jantung.

Nggak hanya itu, mereka juga menunjukkan peningkatan emosi positif yang signifikan. Bahkan, ASMR bisa memberikan efek relaksasi yang sama seperti saat kita mendengarkan musik dan menenangkan diri.

Oya, efek menyenangkan dan menenangkan ASMR nggak tentu berlaku kepada semua orang, lo. Bagi yang nggak menyukainya pasti akan berpikir video ASMR sebuah tontonan yang membosankan. Kenapa respons setiap orang bisa berbeda? Jawabannya karena pengalaman dan ingatan menyenangkan setiap orang berbeda.

Kalau kamu tim yang menyenangi atau biasa saja terhadap video ASMR, Millens? Atau kamu malah tertarik menjadi kreator video ASMR? (Gue/IB20/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved