inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Memberi Warisan pada Hewan Peliharaan, Berlebihan?
Rabu, 31 Jan 2024 15:43
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Apakah berlebihan memberikan warisan begitu banyak untuk hewan peliharaan? (via Terbaru News)

Apakah berlebihan memberikan warisan begitu banyak untuk hewan peliharaan? (via Terbaru News)

Bukan hal yang asing lagi jika ada berita yang mengabarkan seseorang yang kaya raya mewariskan sebagian atau seluruh kekayaannya untuk hewan peliharaan. Apakah hal ini wajar atau berlebihan?

Inibaru.id - Memberikan warisan pada hewan peliharaan bisa dianggap berlebihan oleh beberapa orang, terutama jika dibandingkan dengan kebijakan warisan pada manusia. Sebagian besar hukum warisan ditujukan untuk menyusun perencanaan masa depan dan penanganan harta benda setelah pemiliknya meninggal.

Dalam beberapa yurisdiksi, memberikan warisan langsung kepada hewan peliharaan dapat memicu pertanyaan etika dan hukum yang kompleks.

Beberapa pertimbangan atau pandangan yang mungkin membuat tindakan ini dianggap berlebihan meliputi:

1. Hewan Nggak Memiliki Kapasitas Hukum

Hewan nggak memiliki kapasitas hukum untuk memiliki atau mengelola warisan. Ini membuat pemberian warisan kepada hewan peliharaan sulit diakui secara hukum, karena hewan dianggap sebagai properti dan nggak memiliki hak-hak hukum tertentu.

2. Prioritas Kemanusiaan

Memberikan warisan untuk badan amal sepertinya lebih bermanfaat ya. (AP)
Memberikan warisan untuk badan amal sepertinya lebih bermanfaat ya. (AP)

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa warisan seharusnya diperuntukkan bagi kepentingan manusia atau tujuan kemanusiaan yang lebih besar. Sementara itu, sebagian lagi berpendapat bahwa memberikan warisan kepada hewan peliharaan mungkin dianggap sebagai alokasi sumber daya yang lebih baik, walau paham bahwa warisan juga dapat digunakan untuk tujuan lain, seperti amal atau bantuan kemanusiaan. Kalau sudah begitu, ya tergantung pribadi masing-masing deh.

3. Isu Kesejahteraan Hewan

Meskipun niat memberikan warisan pada hewan peliharaan dapat bersumber dari kasih sayang, isu kesejahteraan hewan juga perlu dipertimbangkan. Beberapa negara atau wilayah mungkin memiliki peraturan tentang bagaimana hewan peliharaan diperlakukan dan diurus setelah kematian pemiliknya.

4. Potensi Penyalahgunaan

Ada potensi penyalahgunaan jika seseorang memanfaatkan sistem warisan pada hewan untuk tujuan yang nggak bermoral atau nggak pantas. Misalnya, beberapa orang mungkin mencoba memanipulasi warisan untuk keuntungan pribadi mereka sendiri.

Meskipun ada pandangan yang berpendapat bahwa memberikan warisan pada hewan peliharaan adalah berlebihan, tapi pendekatan ini semakin umum terlihat dan diakui. Beberapa yurisdiksi telah memperkenankan pembentukan trust atau perjanjian warisan khusus yang dirancang untuk merawat hewan peliharaan setelah pemiliknya meninggal.

Pemberian warisan pada hewan peliharaan umumnya lebih diterima jika disusun dengan cermat dan sesuai dengan peraturan setempat.

Hm, kamu pernah kepikiran nggak memberikan harta warisan pada hewan peliharaan, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved