BerandaHits
Selasa, 9 Mei 2023 17:00

Lebih Unggul Mana, Sabun Cair Higienis atau Sabun Batang Ekonomis?

Penulis:

Lebih Unggul Mana, Sabun Cair Higienis atau Sabun Batang Ekonomis?Finka Rachma
Lebih Unggul Mana, Sabun Cair Higienis atau Sabun Batang Ekonomis?

Sabun mandi dibagi menjadi sabun batang dan sabun cair. (Lifebuoy)

Sabun cair dianggap lebih higienis karena nggak mudah jatuh. Sementara itu, sabun batangan dianggap lebih hemat alias ekonomis karena tahan lama dan berharga murah. Sebaiknya pilih yang mana, ya?

Inibaru.id - Mandi adalah kebutuhan sehari-hari yang bisa membuat badan menjadi lebih bersih dan segar. Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu perlu memakai sabun mandi.

Sabun mandi lebih dari sekadar benda yang bisa memproduksi busa. Benda ini merupakan sejenis alkali yang memiliki kemampuan dalam membunuh bakteri dan kuman. Kemampuan inilah yang memberikan efek lebih bersih dan segar pada kulit setelah dipakai.

Ada banyak jenama sabun mandi yang bisa kamu temui di pasaran. Varian aromanya juga beragam. Tapi, pada umumnya kamu bisa membedakan sabun mandi menjadi sabun cair dan sabun batang.

Sabun batang eksis lebih dahulu jika dibandingkan dengan sabun cair. Menariknya, kini sabun cair justru lebih diminati banyak orang. Alasannya, sabun ini dianggap lebih higienis dan praktis untuk dibawa bepergian. Meski murah, sabun batang terkadang bikin repot karena licin dan mudah jatuh ke tanah atau lantai kamar mandi sehingga membuatnya jadi kotor. Sabun ini juga nggak praktis untuk dibawa saat bepergian.

Meski begitu, bukan berarti sabun batang lebih buruk dari sabun cair. Menurut pakar kesehatan Klikdokter dr Nadia Octavia, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Tufts University, Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan sabun batang lebih efektif menyingkirkan bakteri, virus, kotoran, dan debu daripada memakai hand sanitizer.

Lebih baik mana, sabun batang atau sabun cair? (Voi/iStockphoto)
Lebih baik mana, sabun batang atau sabun cair? (Voi/iStockphoto)

Mengapa begitu? Saat memakai sabun batang, ada efek mekanik yang terjadi saat menggosok tangan pada sabun. Dampaknya, kotoran dan bakteri lebih banyak yang bisa dihilangkan.

Tapi, kadar pH sabun batang biasanya lebihi tinggi jika dibandingkan dengan sabun cair. Gara-gara hal ini, kulit pun jadi terasa lebih kering setelah memakainya. Efek ini biasanya nggak begitu terasa jika kita memakai sabun cair.

Lantas, mana yang lebih baik di antara sabun cair atau sabun batang? Kalau soal ini, pakar kesehatan menyebut selera setiap orang berbeda-beda. Alih-alih memperdebatkan mana yang lebih baik di antara keduanya, kita justru lebih disarankan memakai sabun yang tepat dengan jenis kulit.

Sebagai contoh, pemilik kulit yang mudah mengalami alergi nggak disarankan memakai sabun dengan tambahan pewangi. Selain itu, pemilik kulit kering disarankan memilih sabun dengan kandungan pH seimbang dan memilliki kandungan gliserin yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Jadi, sudah tahu kan sebaiknya memilih sabun apa yang paling tepat untuk kamu gunakan saat mandi, Millens? (Finka Rachma/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved